Enam Provinsi Jadi Target BNPB untuk Pencegahan Karhutla, Salah Satunya Jambi

Karhutla
Petugas sedang melakukan pemadaman karhutla beberapa waktu lalu. (ANTARA)

Jambi Seru – Sebanyak enam provinsi jadi target Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) untuk pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pemusatan perhatian pada enam provinsi ini dilakukan, lantaran enam provinsi ini menjadi daerah yang rawan karhutla.

Dari data BNPB, enam provinsi yang menjadi target tersebut yaitu Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sejumlah strategi telah disiapkan untuk pencegahan karhutla di enam provinsi ini.

Dikatakan Kepala BNPB, Suharyanto, jika benar pihaknya memusatkan perhatian pada enam provinsi yang rutin mengalami Karhutla. Agar tahun 2023 ini bisa meminimalisir terjadi karhutla di daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Tetapi tidak menutup kemungkinan provinsi-provinsi lain pun apabila nanti ada kebakaran hutan dan lahan, kami juga melaksanakan aksi,” ujarnya dalam konferensi pers Kesiapsiagaan Menghadapi Karhutla 2023 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (25/1/2023) seperti dikutip dari laman kantor berita pemerintah, ANTARA.

Suharyanto menuturkan operasi darat yang dilakukan adalah memadamkan titik api sebelum membesar. Kegiatan itu dilakukan bersama TNI-Polri serta personel Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang sangat besar dan banyak jumlahnya.

Adapun operasi udara yang didukung oleh BNPB adalah menggunakan helikopter patroli maupun helikopter water bombing yang menyiram pakai air dengan campuran-campuran kimia, sehingga api yang membakar hutan bisa segera padam.

Selain itu, ada juga teknologi modifikasi cuaca yang bertujuan untuk mendatangkan supaya api yang muncul dengan adanya hujan nanti segera padam.

Pos terkait

banner pln