Sirkuit Mandalika Akan Memiliki Fasilitas Internet 5G

Sirkuit Mandalika Akan Memiliki Fasilitas Internet 5G
Sirkuit Mandalika. (Ist)

Jambi Seru – Guna mendukung laga MotoGP Mandalika 2022 nanti, Sirkuit Mandalika akan memiliki fasiltas internet 5G. Fasilitas internet ini diberikan langsung Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Tak hanya fasilitas internet 5G saja, Kementrian Kominfo juga akan menambah bandwith serta showcas 5G di kawasan tersebut.

“Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kami juga menyiapkan untuk 5G experience. Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” ujar Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam siaran pers yang diterima, Minggu (23/1/2022).

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Dua PCNU Dipanggil PBNU: Akibat Dukung Bakal Capres 2024

Bacaan Lainnya

Menurutnya, cakupan layanan 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis seperti berkumpulnya insan media, akomodasi, security, international airport, dan venue sirkuit MotoGP Mandalika.

“Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk showcase demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kami siapkan untuk 5G experience,” sambungnya.

Sementara untuk operator penyelenggara telekomunikasi XL Axiata bakal showcase 5G dengan teknologi fixed wireless access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

Ia juga memastikan bahwa Kominfo dengan operator seluler maupun fiber optik terus berkoordinasi untuk menyediakan internet 5G di ajang MotoGP Mandalika.

Dalam mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kementerian Kominfo sudah menyiapkan spektrum tambahan agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung lancar. Terlebih bakal ada 110 ribu pengunjung yang datang ke ajang tersebut.

“Saya diinformasikan bahwa akan ada 110 ribu pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth-nya tinggi. Kita harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar,” ungkap Plate.

Pos terkait