CPNS 2021 Dibuka April, Ini Formasi yang Dibutuhkan

  • Whatsapp
Penerimaan P3K di Muaro Jambi
Ilustrasi Test CPNS. Foto : Istimewa

Jambiseru.comCPNS 2021 dijadwalkan akan dibuka pada April ini. Tes akan dibuka untuk mengisi kekosongan di Kementrian dan Pemerintah Daerah (Pemda). Formasi mulai dari guru, tenaga kesehatan (medis) dan tenaga teknis.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaCuri Kotak Amal, Tiga Remaja di Merangin Ditangkap Polisi

Bacaan Lainnya

Dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Tjahjo Kumolo, tes CPNS 2021 kembali dibuka tahun 2020 lalu dihentikan karena Covid-19.

“2021, kementerian tidak banyak rekrut baru. Termasuk misal yang pensiun 100, menerimanya (CPNS) tidak harus 100, mungkin bisa 25-50 dengan berbagai inovasi-inovasi baru,” kata Tjahjo saat rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jadwal pendaftaran dan tes CPNS 2021, rencananya akan dilakukan atau dibuka pada April 2021 nanti.

Sampai saat ini, kebutuhan CPNS dari kementerian lembaga masih didata. Baru pada Maret mendatang ditetapkan jumlah formasi rekrutmen yang akan dilakukan.

“Untuk formasi CPNS 2021 dan kementerian/lembaga mana yang membuka rekrutmen, kami masih mengolah data yang masuk. Paling cepat diumumkan akhir Maret,” ujarnya.

Formasi CPNS 2021

Dirincikan MenPANRB, untuk pemerintah pusat serta usulan pemerintah daerah, sementara ini ada sebanyak 229.845 formasi. Yakni :

Guru sebanyak 99.352
Tenaga kesehatan 68.447
Tenaga teknis 62.046

Beberapa formasi yang kemungkinan akan direkrut pada 2021, misalnya 1 juta guru melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Selain itu, dalam pembukaan lowongan yang belum ditetapkan waktunya tersebut, akan ada tambahan lowongan untuk dokter, perawat, hingga tenaga penyuluh.

“Kebutuhannya berapa, ini terus dinamis 4,2 juta, 1,6 juta itu tenaga administrasi. Akan dijawab oleh Kemendiknas dan Mendagri, termasuk tenaga guru ada 1 juta. Ada tambahan juga untuk dokter, perawat, bidan dan juga tenaga penyuluh,” jelasnya.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaWarga Jambi, Waspada Aplikasi Penghasil Uang Mudah Seperti Tiktok Cash

Selain formasi CPNS 2021 untuk pemerintah pusat, lowongan kerja yang sama juga akan dibuka oleh pemerintah daerah. Menurutnya, hingga September 2020, kementerian/lembaga serta pemerintah daerah telah mengusulkan 334.041 formasi CPNS. (*)

Pos terkait