Muncul 4 Nama Calon Pj Wali Kota Jambi 2023

pj wali kota jambi 2023
Muncul 4 Nama Calon Pj Wali Kota Jambi 2023. Foto : Istimewa

JAMBI, JambiSeru.com – Sudah muncul 4 nama calon Pj Wali Kota Jambi 2023, pengisi kekosongan pasca Syarif Fasha dan Maulana habis masa jabatan.

DPRD Kota Jambi berharap Pj Wali Kota yang nanti terpilih, jangan berasal dari utusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kalau bisa, putra daerah Jambi. Jangan lah dari Kemendagri. Dengan putra daerah, diharap ia bisa membangun Kota Jambi lebih baik,” ungkap Syaiful SH, anggota DPRD Kota Jambi dari Fraksi Partai Golkar, dilansir laman iNewsJambi.id, Kamis (207/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut penilaian Syaiful, penentuan Pj Bupati Sarolangun, bisa menjadi pelajaran bagi daerah Provinsi Jambi di masa datang. Maka itu, koordinasi antara pemerintah daerah dan DPRD, harus sejalan sehingga pemerintah pusat tidak mengambil langkah lain.

Meski begitu, hingga hari ini, diakui Syaiful SH, pemerintah belum mengajukan nama nama calon Pj Wali Kota Jambi 2023 pengisi kekosongan pasca Fasha-Maulana berakhir masa jabatannya.

“Belum ada pengajuan nama namanya. Informasinya nanti akan diusulkan tiga nama. Ini yang akan dibahas di DPRD Kota Jambi,” tegasnya.

Untuk diketahui, hingga hari ini belum ada kepastian nama nama calon Pj Wali Kota Jambi yang diusulkan oleh Gubernur Jambi Al Haris.

Namun beberapa nama sudah santer disebut sebut sebagai kandidat kuat yang bakal mengisi kekosongan kursi kepemimpinan Wali Kota Jambi 2023-2024. Di antaranya :

1. Muzakir

Muzakir ialah Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jambi. Ia juga dikenal sebagai “orang dekat” Gubernur Jambi Al Haris. Pasca menang Pilgub Jambi, Muzakir yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Cipta Karya di Dinas PUPR Merangin, “diboyong” Al Haris ke Setda Provinsi Jambi hingga menduduki jabatan sebagai Kepala Biro Umum.

2. dr Fery Kusnadi

Fery juga santer disebut sebut berpeluang jadi Pj Wali Kota Jambi. Pria yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi ini, namanya sering muncul menjadi calon Pj kepala daerah, semisal Pj Bupati Muaro Jambi yang lalu.

3. Henrizal

Henrizal saat ini menduduki posisi sebagai Kepala BKD Provinsi Jambi. Ia pernah menjabat sebagai Pj Bupati Sarolangun. Meski tak terpilih lagi menjadi Pj Bupati Sarolangun 2023, namun nama Henrizal juga santre disebut sebut kandidat kuat jadi Pj Wali Kota Jambi 2023.

4. Varial Adhi Putra

Varial Adhi Putra ialah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi saat ini. Ia juga digadang gadang kandidat kuat jadi Pj Wali Kota Jambi. Apalagi seperti dr Fery, nama Varial Adhi Putra acap kali masuk dalam bursa Pj kepala daerah.

Itulah nama nama yang santer disebut bakal jadi kandidat kuat Pj Wali Kota Jambi 2023 yang dirangkum tim iNewsJambi.id.(wan/nas)

Pos terkait