MA Turunkan Tim Selidiki Dugaan Hakim Telepon Kabareskrim Sebelum Vonis Ferdy Sambo

MA Larang Merekam dan Mengambil Foto
Kantor Mahkamah Agung RI. Foto : Istimewa

Jambi Seru – Mahkamah Agung (MA) turunkan tim selidiki kasus dugaan hakim telepon Kabareskrim, sebelum mengeluarkan vonis pada Ferdy Sambo. Tim tersebut akan memeriksa Hakim Ketua, Wahyu Imam Santoso yang diduga telah membocorkan vonis yang akan dijatuhkan pada para terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Novriansyah Yosua Hutabarat.

MA mulai turunkan tim setelah beredarnya video Wahyu yang diduga menelpon Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto terkait vonis.

Adanya pihak MA menurunkan tim untuk menyelidiki kasus ini dibenarkan oleh Juru bicara MA, Andi Samsan Nganro. Ia mengatakan MA akan menurunkan tim untuk memeriksa Wahyu.

Bacaan Lainnya

“Setelah mengecek dari berita medsos yang beredar, maka MA menyikapi akan menurunkan tim untuk memeriksa hakim yang bersangkutan,” kata Agung dalam keterangannya, Kamis (5/1/2023) seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul MA Kerahkan Tim Periksa Hakim Sidang Ferdy Sambo Soal Dugaan Telepon Kabareskrim Terkait Vonis.

Namun demikian kata Agung, pihaknya tetap akan memastikan untuk menjaga independensi haki Wahyu dalam penanganan perkara tersebut.

“MA tentu tetap menjaga independensi hakim dalam penanganan perkara menarik yang sedang ditangani hakim tersebut,” tuturnya.

Komisi Yudisial Ikut Telusuri Video

Komisi Yudisial (KY) sebelumnya juga menyatakan akan menelusuri kebenaran video hakim ketua Wahyu Iman Santoso yang viral di media sosial tersebut.

Pos terkait