Partai Buruh Akan Dideklarasikan, Bakal Ikut Pemilu

Partai Buruh Akan Dideklarasikan
Said Iqbal. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Tampaknya jumlah partai politik di Indonesia bakal bertambah. Partai Buruh akan di deklarasikan dan bakal ikut pemilu. Deklarasi Partai Buruh ini akan dilakukan pada 4-5 oktober nanti.

Menurut Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, pendirian partai buruh ini dilakukan oleh sejumlah elemen buruh dan serikat pekerja. Nantinya deklarasi akan dilakukan di Jakarta.

Baca Juga : Pasukan Penjaga Perdamaian PBB Diserang, 4 Terluka dan 1 Tewas

Bacaan Lainnya

Ia juga menyebutkan, Partai Buruh tersebut merupakan kelanjutan dari Partai Buruh yang lama didirikan oleh Muchtar Pakpahan dan terakhir diketuai oleh Sony Pujisasono pada 2012.

“Partai Buruh akan dideklarasikan ulang,” ujar Iqbal dalam jumpa pers secara vitual, Minggu (3/10/2021).
Iqbal menuturkan pada Kongres nanti akan memutuskan banyak hal yang mendasar dan berbeda dengan partai buruh sebelumnya.

Namun dalam Kongres kata Iqbal, nantinya akan mengesahkan Badan Pendiri Partai Buruh yang baru.

“Pada prinsipnya kongres akan mengesahkan badan pendiri partai buruh yang baru atau pemilik daripada partai buruh yang baru, membangkitkan kembali partai buruh yang telah ada. Badan pendiri itu ada 11 organisasi,” ucap dia.

Tak hanya itu, Iqbal menyebut terdapat 11 elemen atau organisasi yang masuk dalam badan pendiri.

Yakni pengurus Partai Buruh yang lama, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Organisasi Rakyat Indonesia (ORI), Serikat Petani Indonesia (SPI), Gerakan Perempuan Indonesia (GPI), KSPI, FSPMI, FSP FARKES, KPBI, FSP KEP, dan FPTHSI.

Lebih lanjut, Iqbal mengungkapkan bahwa ada perbedaan mendasar antara Partai Buruh yang lama dan baru.
Perbedaanya yakni dahulu hanya didukung satu serikat buruh yakni KSBI, namun saat ini didukung sejumlah elemen.

“Hari ini Partai Buruh yang baru didukung oleh Serikat Petani Indonesia, organisasi petani terbesar di Indonesia, 4 Konfederasi Serikat Buruh di tingkat nasional, 50 federasi serikat buruh di tingkat nasional, forum guru honorer, tenaga honorer dan guru swasta, Gerakan Perempuan Indonesia. Itulah yang membedakan dengan yg lama. Sehingga spektrum daripada konstituennya pasti akan meluas,” ucap Iqbal.

Selain itu, Iqbal menuturkan jika lolos verifikasi KPU, Partai Buruh akan terlibat di dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Pos terkait