Kasat Pol PP Muarojambi Terima Bantuan SPAM, Dewan : Harusnya Ditolak

Kasat Pol PP Muaro Jambi
Bantuan yang diterima Kasat Pol PP Muaro Jambi.Foto: Uda/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Anggota DPRD Muaro Jambi, Ulil Amri sangat menyayangkan sikap dari salah satu Pejabat Eselon II Pemkab Muaro Jambi yang bersedia menerima sambungan meteran air melalui Program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Pejabat eselon II tersebut, kata Ulil Amri, seharusnya menolak. Sebab, sasaran sambungan rumah (SR) tersebut adalah masyarakat berpenghasilan rendah.

“Seharusnya sebelum SR disambung, ya harus ditolak atau tidak menerimanya,” kata Ulil Amri kepada wartawan, Selasa (13/4/21).

Politisi Partai Amanat Nasional ini menilai belum tepatnya sasaran program SPAM di Muaro Jambi dipicu tidak dilakukan verifikasi data usulan dari masyarakat dan lemahnya koordinasi antara Dinas PUPR dan PDAM Muaro Jambi. Akibatnya, tujuan dan sasaran Program SPAM tidak sesuai dengan prioritas kebutuhan masyarakat.

“Itu akibat dari tidak dilakukan verifikasi data usulan dari masyarakat dan lemahnya koordinasi antara PUPR dan PDAM, sehingga tujuan dan sasaran tidak sesuai dengan perioritas kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya kejadian ini, Ulil Amri berharap ke depan hal yang sama tidak terulang kembali. Data usulan dari masyarakat mesti dilakukan verifikasi secara mendalam agar pelaksanakan program berjalan tepat sasaran.

“Harapan kita ke depan tidak boleh terjadi lagi,” kata Ulil Amri.

Program peningkatan jaringan layanan air bersih perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi, pada tahun anggaran 2020 lalu sarat dengan penyimpangan. Masalahnya, program berupa sambungan rumah (SR) yang bertujuan untuk meningkatkan akses air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tersebut mayoritas salah sasaran.

Rata-rata yang dijadikan sebagai penerima manfaat program (SR MBR) merupakan orang-orang mampu secara ekonomi. Bahkan, salah satu pejabat Eselon II di Lingkup Pemkab Muaro Jambi diikutkan sebagai penerima program SR MBR tersebut.

Pejabat penerima program (SR MBR) tersebut bernama Syaifullah. Saat ini beliau menjabat sebagai Kasat Pol PP Muaro Jambi.

Syaifullah tercatat mendapat sebanyak empat sambungan meteran melalui program SPAM untuk empat unit rumah miliknya yang berada di Desa Simpang Sungai Duren, Kecamatan Jaluko, Muaro Jambi. (uda)

Pos terkait