Catatan Al Haris Road To Gubernur Jambi (1) : Bukan Siapa-siapa

Al Haris Road To Gubernur Jambi
Gubernur Jambi terpilih, Al Haris.Foto: Jambiseru.com

Jambiseru.com – Ini adalah catatan perjalanan Al Haris, Bupati Merangin, menuju kursi Gubernur Jambi 2021-2024.

Redaksi mengumpulkan data dari berbagai sumber. Termasuk berita-berita dari Jambiserucom sendiri. Catatan ini berisi tentang sosok Al Haris yang bukan siapa-siapa, menjadi Bupati Merangin hingga akhirnya maju ke bursa Calon Gubernur Jambi 2021-2024, dan menang!

Anak Petani Karet yang Akhirnya Jadi Penjual Koran, Pedagang Martabak dan Pegawai Rendahan

Bacaan Lainnya

Al Haris adalah anak dusun. Ia anak petani karet di Desa Sekancing, Kabupaten Merangin.

Meski keterbatasan ekonomi, Al Haris kecil sangat rajin belajar. Di Kota Bangko, Haris menghabiskan sekolah dasar sampai SMA hingga akhirnya bertemu sekilas dengan calon istrinya, Hesnidar yang wajahnya mirip dengan tokoh film serial Jepang: Oshin (kisah ini akan dikupas pada seri khusus).

Di Bangko, demi bertahan hidup dan bisa terus melanjutkan sekolah, Haris kecil terpaksa harus berjualan koran. Ia jadi agen koran Toko Buku Singgalang Bangko.

Di sela-sela itu, ia juga ikut berjualan martabak di Pasar Atas Bangko. Sesekali jadi kernet di salah satu bengkel motor.

Praktis, hari-hari Al Haris kecil diisi dengan kegiatan yang positif. Padat tapi menghasilkan.

Uangnya digunakan untuk menopang kebutuhan hidup sehari-hari, sambil membantu biaya sekolah karena ekonomi keluarga yang pas-pasan.

Lulus sekolah, Al Haris merantau ke Kota Jambi. Ia mencoba peruntungan di kota ini. Singkat cerita, Al Haris akhirnya diterima menjadi pegawai negeri tugas di RRI.

Sebagai pegawai rendahan, Haris tahu diri. Ia terus belajar dan belajar mencintai pekerjaannya.

Pegawai dan bos-bos Haris waktu di RRI, mengenal dirinya sebagai sosok yang low profile dan rajin. Apapun disuruh, akan dikerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Pada periode ini, Al Haris bertemu lagi kekasih pujaan hatinya yang sudah diidolakannya semasa sekolah dulu. Hesnidar atau akrab disapa Hesti.

Ia akhirnya berhasil menaklukkan hati Hesti hingga akhirnya menikahinya.

Pada fase berikut, Al Haris bertemu dengan sosok Hasan Basri Agus (HBA).

Saat inilah Haris menimba banyak ilmu dari ayah sekaligus gurunya ini. Haris akhirnya melekat dengan HBA.

Hingga akhirnya ia turut terlibat langsung saat HBA maju di Pilbup Sarolangun. Sewaktu HBA maju Pilgub Jambi pun, Al Haris juga ikut berjuang.

Al Haris akhirnya dipercaya HBA menduduki jabatan sebagai Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jambi.

Saat menjadi Karo Umum ini, Al Haris bertekad untuk memajukan daerah asalnya, Kabupaten Merangin. Karena itu, meski serba keterbatasan, Al Haris membulatkan hati untuk maju di Pilbup Merangin 2013. (Bersambung)

Baca sambungannya – “Catatan Al Haris Road To Gubernur Jambi (2) : Sudah Biasa Dianggap Ketimun Bungkuk

Pos terkait