Bantu Branding UMKM Jambi, Cakap Kreatif Raih Juara 1 Kompetisi Kewirausahaan

UMKM Cakap Kreatif
Bantu Branding UMKM Jambi, Cakap Kreatif Raih Juara 1 Kompetisi Kewirausahaan. Foto : Dok/Istimewa

Jambiseru.com – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Cakap Kreatif menjuarai  kompetisi kewirausahaan yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jambi pada tanggal 16-17 Desember 2020.

Peserta pada kompetisi ini diikuti berbagai bidang usaha yang ada di Kota Jambi.

Cakap Kreatif sendiri dibangun lewat kolaborasi dan aksi dengan hasil pemikiran yang satu tujuan sehingga mampu menghasilkan sebuah karya.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaFaisal Alwi Imbau Kader-Tokoh Senior Duduk Bahas Masa Depan Golkar Jambi

Cakap Kreatif hadir sebagai solusi terhadap permasalahan branding UMKM, hal ini salah satu upaya dalam mendukung dan memajukan bisnis UMKM dengan metode branding.

Pada kompetisi kewirausahaan yang diadakan Dispora Kota Jambi, Cakap Kreatif diwakili oleh Puji Anisa.

“Saya megikuti kompetisi yang sesuai dengan tujuan cakap kreatif yaitu membantu UKM dalam bidang jasa branding produk agar naik kelas,” kata Puji.

Tim Cakap Kreatif sendiri awalnya beranggotakan empat orang, yaitu Awiska Alfata, Ifwan Adinata, Puji Anisa dan Yuli Susanti.

Para owner terbentuknya Cakap Kreatif ini berfokus dibidang usaha jasa branding dan jasa percetakan, khususnya membantu UMKM Jambi.

Menurut Awiska Alfata dan Ifwan Adinata, selaku inisiator Cakap Kreatif, mereka awalnya miris melihat UMKM khususnya daerah Jambi yang sebagian besar belum mampu bersaing dalam skala nasional. Hingga akhirnya berinisiatif mengajak Puji Anisa dan Yuli Susanti untuk berkolaborasi bersama.

UMKM Cakap Kreatif
Bantu Branding UMKM Jambi, Cakap Kreatif Raih Juara 1 Kompetisi Kewirausahaan. Foto : Dok/Istimewa

“Mereka adalah orang-orang hebat yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, seperti desain kemasan produk, desain promosi untuk media sosial, dan desain-desain lainnya. Merupakan skill yang harus dikembangkan. Disisi lain,  kami juga melihat khususnya Jambi belum ada usaha yang berfokus melayani di bidang ini,” ungkap Ifwan Adinata, selaku Inisitiator Cakap Kreatif dan saat ini sebagai Chief Executive Officer (CEO).

“Semua berawal dari langkah-langkah kecil yang tak pernah kesudahan, berawal dari bisnis bareng bersama Ifwan Adinata hingga akhirnya muncul keinginan membantu UMKM Jambi khususnya dalam strategi pemasaran lewat branding produk agar naik kelas dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya skala nasional,” tambah Awiska Alfata selaku inisiator dan saat ini sebagai chief financial officer (CFO) yang mengatur segala keuangan Cakap Kreatif.

Seiring berjalannya waktu, Cakap Kreatif telah membantu beberapa UMKM di bidang kuliner, fashion dan bidang wisata. Cakap Kreatif saat ini beranggotakan 8 orang yang memiliki keahlian  masing-masing. Diantaranya, penambahan tim di bidang desain grafis, tim digital marketing dan tim bagian produksi.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaTak Terima Kalah Lalu Ngadu ke MK, Ini 5 Pelanggaran CE-Ratu di Pilgub Jambi

Bahkan telah membantu mengembangkan wadah untuk berkarya orang-orang sekitar yang punya potensi bakat, salah satunya Cakap Inspirasi, Travelan, Tote Masage, Soya Mawo, Tempe Nino, Snack Ubuy, Sambal Ranjau dan Grow up together.

“Dengan membantu wadah tersebut, cakap kreatif mampu menjadi salah satu support system mereka yang kebingungan untuk memulai, semua kami mulai bangun lewat branding,” pungkas Ifwan Adinata. (esa)

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

hut tanjabar banner pln