Pimpin Rapat Karhutla, Kapolda Jambi : Matikan Api Sejak Kecil Demi Mencegah

  • Whatsapp
Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi. Foto: Yogi/Jambiseru.com
Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi. Foto: Yogi/Jambiseru.com

Pimpin Rapat Karhutla, Kapolda Jambi : Matikan Api Sejak Kecil Demi Mencegah

JAMBISERU.COM – Di dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shatyabudi, tegas meminta Satuan tugas (Satgas) untuk membuat tim patroli pencegahan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Bacaan Lainnya

Rapat penanganan Karhutla tersebut, digelar di posko Karhutla Provinsi Jambi bertempat Kantor BPBD Provinsi Jambi.

Di dalam rapat tersebut, turut dihadiri, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli, Penjabat Sekda Prov Jambi Sudirman dan Ketua BPBD Jambi Bachyuni Deliansyah.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi, dalam rapatnya, mengatakan, dirinya meminta satgas untuk membuat tim patroli pencegahan terjadinya karhutla dengan mematikan api yang kecil sebelum lebih besar.

“Matikan api sejak kecil, jangan api sudah besar baru kita padamkan, ini bentuk pencegahan kita,” kata Firman, Senin (13/7/2020).

Selanjutnya, upayakan ada dilakukan patroli bersama antara TNI-Polri dan pihak BPBD serta masyarakat yang telah dikerahkan untuk perwilayah atau kabupaten.

Firman juga mengatakan, akibat dari karhutla bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat dan ini yang harus kita tanggulangi bersama, karena kasus karhutla itu ada di beberapa kabupaten yang rawan terjadi setiap tahunnya.

“Tiga wilayah itu Muarojambi, Tanjab Barat dan Timur dalam rapat ini kita hadirkan karena memang di sana sangat rawan, kita juga akan membentuk tim sosialisasi kepada masyarakat,” kata Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Kapolda juga mengatakan rapat ini untuk mengecek kesiapan dalam antisipasi karhutla di Jambi dan berharap karhutla tidak terulang lagi, makanya perlu menyamakan langkah untuk antisipasi. (Yog)

Pos terkait