Tanam 1000 Pohon oleh Kodim Jambi

tanam 1000 pohon oleh kodim jambi
Tanam 1000 Pohon oleh Kodim Jambi. (Ist)

JAMBI, JambiSeru.com – Kodim 0415/Jambi mengajak mahasiswa, warga dan forkopimda kota serta penggiat lingkungan menggelar kegiatan menanam 1000 pohon secara serentak di bantaran Sungai Batanghari di kawasan Pasar Tradisional Angsoduo, Pasar, Kota Jambi, Jumat (8/12/2023).

Tujuan dari kegiatan ini, guna mencegah bencana banjir dan abrasi di Sungai Batanghari serta munculnya wabah penyakit.

“Kegiatan menanam 1000 pohon aneka jenis ini secara masif di wilayah teritorial Kota Jambi yang berada di wilayah bantaran Sungai Batanghari,” ungkap Dandim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono.

Bacaan Lainnya

Menanam pohon ini bukan tanpa alasan, baginya, kegiatan ini juga untuk meningkatkan manfaat yang bisa langsung dirasakan, baik masyarakat ataupun dalam rangka kegiatan mendukung pemerintah daerah dalam menangani atau pencegah terjadinya banjir.

“Sungai Batanghari ini terbentang luas, sepanjang 400 meter ini yang kita tanam sehingga nantinya menimbulkan dampak estetika, keindahan dan bermanfaat dalam menanggulangi erosi, abrasi ataupun banjir di bantaran Sungai Batanghari,” tutur Dandim.

Menurutnya, ada 1000 jenis batang yang ditanam di wilayah Kodim 0415/Jambi, seperti di Kota Jambi, Kabupaten Batanghari dan Muarojambi.

Eko berharap, semua masyarakat terlibat untuk memelihara dan menjaganya, ada dari unsur kelurahan, kecamatan, masyarakat dan mahasiswa serta pelajar agar berapa tahun ke depan menjadi bagus bagi masyarakat.

“Untuk jenis pohon, Mahoni 190 batang, Bungur 20 batang, Pucuk Merah 30 batang, Ketapang 50 batang, Durian 120 batang. Ada juga Gaharu 80 batang, Mangga 110 batang dan Matoa 55 batang,” jelasnya.

Dandim menambahkan, kegiatan ini adalah langkah edukasi dan percontohan yang sangat konkret dilakukan oleh Kodim 0415/Jambi dalam rangka HUT ke-78 Kodam ll/Swj, sehingga manfaatnya dapat diterima oleh masyarakat secara keseluruhan,” tegas Eko.

Disamping itu, katanya, pohon-pohon yang ditanam dilahan terbuka dapat menyerap karbondioksida (CO2) menghasilkan oksigen, menurunkan suhu dan memberikan suasana sejuk serta menjadi area resapan air.

Salah seorang mahasiswi Jambi, Indi sangat senang diajak bersama TNI menanam aneka jenis pohon.

“Apalagi penanaman pohon di pinggir Sungai Batanghari bisa mengantisipasi bencana banjir. Jadi sangat baik sekali,” imbuhnya.

Dirinya berharap, semoga pohon ini bisa tumbuh dengan bagus dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Staf Ahli Wali Kota Jambi Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Munchar mengapresiasi kegiatan Kodim 0415/Jambi.

“Tentunya, penanaman pohon ini akan menambah estetika Kota Jambi terutama di bantaran Sungai Batanghari sehingga membuat ruang terbuka hijau dengan adanya tanaman pohon ini,” ucapnya. (ari)

Pos terkait