Update Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

jay idzes dan nathan tjoe a on
PSSI tengah menggeber proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On agar bisa segera membela Timnas Indonesia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Foto: Instagram @jayidzes & @nathantjoeaon)

SURABAYA, Jambiseru.com – Berikut update proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia Jay Idzes (Venezia FC) dan Nathan Tjoe-A-On (Swansea City). Kini proses itu segera dibahas di DPR RI.

Hal ini dikonfirmasi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo kala mengunjungi Trophy Tour Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya. Menurutnya, selanjutnya proses kedua pemain tersebut akan dikebut setelah masa sidang DPR RI

“Oh iya ini lagi diproses, ini kita lagi lintas di lembaganya, lagi proses di DPR, setelah masa sidang mulai kita kebut lagi,” kata Menpora Dito kepada awak media, Minggu (29/10/2023).

Bacaan Lainnya

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang juga hadir pada acara itu, menegaskan kembali bahwa proses naturalisasi keduanya ditargetkan rampung pada Maret 2024. Itu artinya, Timnas Indonesia berpeluang diperkuat dua legiun naturalisasi anyar pada laga kontra Vietnam di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

“Ini saya dan Menpora sedang bekerja keras. Semoga Maret bisa kalau November cium tangan,” sahut Erick.

Proses naturalisasi Idzes dan Nathan terbilang cepat ketimbang para pemain naturalisasi sebelumnya. Pasalnya, sebelum sampai di DPR RI, proses naturalisasi pemain biasanya memerlukan tahapan yang cukup panjang.

Proses keduanya harus digodok lebih dulu di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU). Kemudian dilanjutkan dengan proses di Sekretariat Negara (Setneg). Setelah itu, calon punggawa Timnas Indonesia melakukan wawancara kewarganegaraan Indonesia di Badan Intelijen Negara (BIN), lalu hasilnya dikembalikan lagi ke Setneg. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait