Wow! Ada Klub Liga 2 Suap Wasit Rp 800 Juta Demi Promosi ke Liga 1

suap wasit
Ketua Satgas Antimafia Bola, Irjen Asep Edi Suheri melakukan konferensi pers soal 2 tersangka baru pengaturan skor di Liga 2 di Mabes Polri, Kamis (12/10/2023). (Foto: MPI/Riana Rizkia)

JAKARTA, Jambiseru.com – Satgas Antimafia Bola menyatakan ada klub Liga 2 yang menyuap wasit Rp800 juta demi promosi ke Liga 1. Pengaturan skor tersebut terjadi pada Liga 2 2018.

Menurut Ketua Satgas Antimafia Bola Irjen Asep Edi Suheri, nominal itu merupakan data sementara. Pihaknya juga tidak menutup kemungkinan angka tersebut dapat bertambah seiring dengan pendalaman kasus.

“Sampai saat ini terdata kurang lebih sekitar Rp800 juta, kalau pengakuan mungkin bisa Rp1 miliar lebih. Tapi yang terdata sesuai fakta yang kita dapat ada Rp800 juta,” kata Asep saat konferensi pers di Mabes Polri Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Bacaan Lainnya

Asep menjelaskan klub dengan inisial Y itu melakukan suap untuk pengaturan skor sejak 2018. Namun suap sempat terhenti pada 2020/2021, sebab pada periode itu tak ada pertandingan bola akibat pandemic Covid-19. Kemudian pada 2021 klub Y kembali melakukan penyuapan.

“Dalam beberapa pertandingan memang klub Y ini menang. Kecuali satu, dan naik untuk ke Liga 1. Kalau enggak salah dari delapan itu satu yang kalah. Tapi dari tujuh itu menang semua,” ucapnya.

Hingga saat ini, kata Asep, Klub Y masih masuk di Liga 1. Kendati demikian, pihaknya akan terus mengusut kasus tersebut hingga ke akarnya.

“Masih kita dalami, kan penyandang dananya sudah ditetapkan tersangka. Nanti kita cari ke atas lagi,” katanya. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait