Timnas Indonesia Cetak Setengah Lusin Gol ke Gawang Brunei Darussalam

dimas drajad
Timnas Indonesia (Foto: RCTI)

JAKARTA, Jambiseru.com – Timnas Indonesia unggul 6-0 kontra Brunei Darussalam pada leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Menatap laga ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memasang pasukan terbaiknya. Terbukti, mereka mampu menguasai jalannya pertandingan sejak menit pertama.

Dimas Drajad membuka keran gol Timnas Indonesia pada menit keenam. Dia berhasil mencetak gol, setelah menanduk bola ke gawang Brunei, memaksimalkan bola muntah.

Bacaan Lainnya

Hanya berselang lima menit, Skuad Garuda mampu menggandakan keunggulan. Tepatnya pada menit ke-11, Rizky Ridho yang menjebol gawang Brunei, memaksimalkan sepakan pojok.

Setelah itu, Timnas Indonesia mampu menguasai bola. Pasukan asuhan Shin Tae-yong itu terus berusaha menekan. Namun, sejumlah peluang belum bisa dimaksimalkan.

Seperti yang terjadi pada menit ke-29. Sandy Walsh mampu menembus pertahanan Brunei dan melancarkan tendangan keras. Hanya saja, bola masih bisa dihalau lawan.

Pertandingan kemudian berjalan dengan tempo cukup lambat. Keadaan tersebut membuat bola kerap tertahan di tengah lapangan dan minim peluang yang bisa diciptakan.

Memasuki lima menit terakhir babak pertama, Timnas Indonesia mencoba untuk menyerang. Walau demikian, tidak ada gol tambahan, sehingga 45 menit pertama berakhir dengan skor 2-0.

Begitu paruh kedua dimulai, Shin Tae-yong membuat sejumlah perubahan, termasuk memasukkan Ricky Kambuaya. Dia lalu mendapat peluang pada menit ke-48. Sayang, upayanya belum bisa dimaksimalkan.

Timnas Indonesia kemudian mulai kesulitan untuk melancarkan serangan. Sejumlah umpan yang tidak akurat membuat peluang sulit didapatkan oleh Timnas Indonesia.

Keadaan tersebut membuat Shin Tae-yong kembali membuat pergantian. Dia memasukkan Ramadhan Sananta, untuk menggantikan Hokky Caraka pada menit ke-58.

Langkah itu langsung membuahkan hasil. Timnas Indonesia mendapat penalti, setelah Sandy Walsh dijatuhkan di kotak terlarang. Pada menit ke-63, Ramadhan Sananta sukses mengeksekusi penalti dengan sempurna.

Tidak lama kemudian, keunggulan Timnas Indonesia semakin bertambah. Ramadhan Sananta sekali lagi mencetak gol ke gawang Brunei, pada menit ke-67, memanfaatkan bola muntah.

Pada menit ke-72, keunggulan Timnas Indonesia semakin melebar. Dimas Drajad membukukan gol lewat tandukkan, meneruskan umpan silang kiriman Saddil Ramdani.

Di massa injuri time, Dimas Drajad sukses mencetak hattrick sekaligus menutup kemenagan Timnas Indonesia 6-0. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait