Ini Formasi Paling Banyak Pada Rekrutmen CPNS Tahun Ini

  • Whatsapp
Rekrutmen CPNS Tahun Ini
Ilustrasi CPNS (dok istimewa)

Jambiseru.com – Formasi paling banyak pada rekrutmen CPNS tahun ini bakal kembali diisi oleh guru. Formasi ini dianggap paling banyak dibutuhkan. Sehingga pada rekrutmen CPNS yang sebentar lagi dibuka oleh pemerintah, formasi guru masih diutamakan.

Untuk formasi guru pada rekrutmen CPNS tahun ini, diperkirakan akan dibuka sebanyak 1 juta lowongan. Untuk skemanya akan menggunakan skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Bacaan Lainnya

Sedangkan untuk usulan yang disampaikan instansi pemerintah di pemerintah pusat hingga daerah, terdata total kebutuhan ASN mencapai 1.275.387 formasi. Dari total tersebut, sebanyak 1.022.616 formasi di antaranya diisi oleh formasi guru PPPK.

“Guru PPPK sebanyak 1.022.616, PPPK non guru sebanyak 70.008, dan CPNS 119.094,” ujar Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dalam Konferensi Pers Virtual, Jumat (9/4/2021).

Setelah formasi guru yang menempati urutan terbanyak pada rekrutmen CPNS tahun ini, posisi kedua diisi oleh jabatan dosen, lalu penjaga tahanan, perawat, analis hukum pertahanan, jaksa, dokter, statistisi, pranata komputer, pranata barang bukti, pengawas farmasi dan makanan, penyuluh perukanan dan perencanaan.

Lalu untuk yang di Pemerintah Provinsi dan Daerah, selain jabatan guru, jabatan yang paling dibutuhkan adalah perawat, bidan, dokter, apoteker dan asisten apoteker, perekam medis dan pranata laboratorium.

Jabatan teknis juga banyak dicari seperti penyuluh pertanian, auditor, pengelola pengadaan barang dan jasa, pranata komputer, polisi kehutanan, hingga pengawas benih tanaman. (tra)

Sumber : detik.com

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Sambut Ramadhan, Warga Jambi Terima Bantuan Sembako dari Sofyan Ali

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Ramadhan, PDAM Tirta Muarojambi Upayakan Air Lancar

Pos terkait