4 Masalah Kesehatan Fisik yang Kerap Muncul Saat Stres, Apa Saja?

Ilustrasi sakit perut, maag, kram perut. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit perut, maag, kram perut. (Shutterstock)

4 Masalah Kesehatan Fisik yang Kerap Muncul Saat Stres, Apa Saja?

JAMBISERU.COM – Apakah Anda kerap mengalami sakit di bagian badan dan tak tahu apa pemicunya?

BACA JUGA : Penyanyi Indonesian Idol Curhat, Suami Kabur ke Apartemen Marshanda

Bacaan Lainnya

Kalau ya, psikolog Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd mengungkapkan beberapa masalah kesehatan fisik yang bisa jadi dipicu oleh kesehatan mental atau stres. Beberapa masalah kesehatan fisik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sakit perut atau pencernaan

Sakit di bagian perut atau pencernaan, kata Rosdiana, bisa terjadi akibat kita tengah mencoba untuk mencerna sesuatu. Upaya tersebut tanpa sadar membuat bagian perut nyeri seperti kembung atau mulas. “Termasuk saat kita mau presentasi di depan, dan tiba-tiba mulas. Itu kita lagi mencerna yang terjadi,” kata Rosdiana.

2. Sakit punggung

Sakit punggung mulai dari bagian bahu sampai belakang punggung, kata Rosdiana, bisa terjadi akibat kita tengah memanggul beban sesuatu. Untuk itu, penting mengetahui dan sadar mengenai masalah apa yang tengah menjadi beban dan mencari jalan keluarnya.

3. Sakit tangan

Pernah sakit di bagian tangan seperti tangan terasa pegal? Jika ya, bisa jadi kita tengah memiliki masalah dengan hubungan atau relasi. “Misal kita merasa tidak bisa bantu orang,” tambahnya.

4. Sakit kepala

Hampir sama seperti sakit di bagian perut, sakit kepala menjadi tahap kedua setelah masalah perut terjadi. Rosdiana mengatakan, sakit kepala biasanya terjadi ketika kita tengah berusaha mencari jalan keluar dari masalah.

Meski ia menjabarkan satu-persatu kaitan sakit fisik dengan masalah pikiran, ia tetap menyarankan agar kita tetap mencari pertolongan ahli seperti tenaga medis.

BACA JUGA : Rekrut CPNS Muaro Jambi, 76 Bahan Tak Lolos

“Balik lagi jangan lupa ke dokter dulu. Jadi, pastikan kalau itu masalah fisik.” Dan bila tidak terbukti ada masalah fisik yang menganggu, tidak ada salahnya melakukan terapi kesehatan mental untuk mengatasi kesehatan fisik. (ndy)

Pos terkait