Penyakit Jantung Jadi Penyebab Terbanyak Meninggalnya Petugas KPPS

sakit jantung
Ilustrasi. (ist)

Jambi Seru – Sebanyak 13 jenis penyakit ditambah kecelakaan menjadi penyebab meninggalnya petugas KPPS yang mengawal pemilu 2019. Dari 13 penyakit itu, gagal jantung jadi penyebab terbanyak.

BACA JUGA: Jubir PSI Sebut Bachtiar Nasir Kalah Kesatria dengan Ahok

Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, drg. Oscar Primadi, MPH, mengatakan dari 13 penyakit itu yang paling banyak adalah penyakit jantung.

Bacaan Lainnya

“Ada 13 penyakit, yang paling mendominasi penyakit jantung, kemudian infarct myocard, koma hepatikum, stroke, dan hipertensi,” ujar dia dalam keterangan resmi yang diterima Suara.com.

Hingga kemarin pukul 15.00 WIB, berdasarkan laporan dinas kesehatan di 24 provinsi, telah diketahui gagal jantung menjadi penyebab terbanyak meninggalnya petugas Pemilu 2019 dengan jumlah 48 kematian. Diikuti stroke 24 kematian, dan infarct myocard 18 kematian.

Sedangkan 10 penyakit lainnya, yakni koma hepatikum 7 kematian, respiratory failure 9 kematian, hipertensi emergency 3 kematian, meningitis 3 kematian, sepsis 6 kematian, asma 12 kematian, diabetes mellitus 5 kematian, gagal ginjal 8 kematian, TBC 9 kematian, kegagalan multi organ 8 kematian, dan satu lagi disebabkan oleh kecelakaan sebanyak 15 kematian. Sisanya sebanyak 323 belum tersedia data yang lengkap.

Di lain kesempatan, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS mengatakan untuk mencari penyebab kematian tidak mudah, ada beberapa proses yang harus dilakukan.

“Yang dilakukan kalau meninggal di Fasyankes tentu di sana ada catatan medik, itu bisa dilakukan, yang meninggal di luar Fasyankes menggunakan autopsi verbal sesuai standar WHO,” katanya.

BACA JUGA: Kasus Dugaan Makar, Eggi Sudjana Ditahan Untuk 20 Hari

Dr. Bambang mengatakan dirinya berbela sungkawa atas musibah yang terjadi. “Tentu kita tidak ada yang mengharapkan kejadian ini,” ucapnya. (put)

Pos terkait