Bahaya! Asteroid Seukuran Bus Siap Hantam Bumi

Ilustrasi asteroid menabrak Bumi. (Shutterstock)
Ilustrasi asteroid menabrak Bumi. (Shutterstock)

JAMBISERU.COM – Ancaman asteroid kerap menjadi momok sendiri bagi para makhluk hidup di muka Bumi. Kabar terbaru, sebuah asteroid berukuran bus berada di jalur tabrakan dengan Bumi.

Hal tersebut dikemukakan Badan Antariksa Eropa. Ahli kosmologi di benua itu menyimpan daftar semua batuan ruang angkasa paling berbahaya dan mereka baru saja menambahkan sebuah objek yang disebut 2019 SU3 ke dalam dokumen ini.

Asteroid itu memiliki lebar 14 meter dan memiliki peluang 385 kali akan menghantam Bumi pada 16 September 2084. Namun, dampaknya cukup kuat untuk menyebabkan kematian di daerah setempat jatuhnya asteroid.

Bacaan Lainnya

ESA menambahkan, 2019 SU3 ke ‘daftar risiko’ 14 hari lalu. Basis data ini adalah merupakan katalog semua objek yang probabilitas dampaknya tidak nol terdeteksi.

Diperkirakan akan datang dalam jarak 73.435 mil dari Bumi, yang karenanya dianggap sangat berbahaya. Pada jarak sesempit itu, dikhawatirkan dorongan gravitasi kecil dapat mengirimnya meluncur ke Bumi.

NASA dan Badan Antariksa Eropa baru-baru ini bertemu untuk membahas tawaran untuk ‘membelokkan’ batu ruang angkasa dan membuktikan teknik tersebut sebagai metode pertahanan planet yang layak. Misi ini disebut Penilaian Defleksi Dampak Asteroid (AIDA) dan akan berusaha untuk mengarahkan kembali bagian yang lebih kecil dari asteroid ganda yang disebut Didymos.

Pada misi tahap pertama, sebuah pesawat ruang angkasa akan menabrak batu ruang angkasa. Kemudian kapal kedua akan menilai lokasi tabrakan dan mengumpulkan data tentang efek tabrakan.

NASA sudah mengerjakannya yang disebut Uji Dampak Asteroid Ganda, sementara Italia akan mengirim satelit CubeSat kecil untuk memantau aksinya. Misi ESA disebut Hera dan akan melakukan ‘survei close-up pasca-dampak asteroid’ dan mengumpulkan pengukuran seperti massa asteroid serta ukuran kawah yang tertinggal setelah dampak.

“DART dapat melakukan misinya tanpa Hera – efek dampaknya pada orbit asteroid akan dapat diukur dengan menggunakan observatorium berbasis bumi saja,” kata Ian Carnelli, yang mengelola misi Hera.

Menerbangkan kedua misi secara bersamaan akan memberikan tambahan pengetahuan secara keseluruhan. Hera sebenarnya akan mengumpulkan data penting untuk mengubah eksperimen satu kali ini menjadi teknik defleksi asteroid yang berlaku untuk asteroid lain.

Hera juga akan menjadi misi pertama untuk bertemu dengan sistem asteroid biner, sebuah kelas objek misterius yang diyakini membentuk sekitar 15 persen dari semua asteroid yang diketahui.

“Dan misi kami akan menguji berbagai teknologi baru yang penting, termasuk CubeSats luar angkasa, tautan antar-satelit dan teknik navigasi berbasis gambar yang otonom, dan juga memberi kami pengalaman berharga tentang operasi gravitasi rendah,” ujar Carnelli.

Bagian utama dari Didymos adalah lebarnya sekitar 780 meter, dengan ‘moonlet’ seukuran Piramida Besar Mesir, membentang hingga sekitar 160 meter. Awal tahun ini, para ilmuwan memperingatkan bahwa asteroid lebih kuat dari yang diperkirakan dan mengatakan manusia bisa mengalami kesulitan menghancurkan batu ruang angkasa hari kiamat di jalur tabrakan dengan Bumi.

Mereka menemukan bahwa dampak besar tidak akan mengubah benda seukuran kota menjadi ‘tumpukan puing’ yang tidak berbahaya, tetapi membiarkannya dengan ‘kekuatan yang signifikan’.

Temuan ini dapat memiliki pengaruh besar pada bagaimana spesies kita menghadapi ancaman yang ditimbulkan oleh batu ruang angkasa raksasa.

“Kami sering kali terkena dampak asteroid kecil, seperti dalam peristiwa Chelyabinsk beberapa tahun yang lalu,” kata K.T. Ramesh dari Universitas Johns Hopkins.

Menurutnya, semua ini hanya masalah waktu sebelum pertanyaan-pertanyaan ini berubah dari menjadi akademis menjadi mendefinisikan respons kita terhadap ancaman besar.

“Kita perlu memiliki gagasan yang baik tentang apa yang harus kita lakukan ketika waktu itu tiba dan upaya ilmiah seperti ini sangat penting untuk membantu kita membuat keputusan itu,” ujar Ramesh.

Para ilmuwan saat ini sedang berusaha mencari tahu apa yang harus dilakukan jika asteroid tiba-tiba muncul di cakrawala. Penelitian terbaru mempertimbangkan apa yang akan terjadi jika kita menghancurkan asteroid selebar satu kilometer menjadi asteroid selebar 25 kilometer lainnya.

BACA JUGATabrakan Beruntun di Kota Jambi, Satu Orang Tewas di Rumah Sakit

Mereka menemukan bahwa jutaan retakan terbentuk dan berdesir di seluruh asteroid, bagian asteroid [lebih besar] mengalir seperti pasir, dan kawah diciptakan setelah tumbukan. (ndy)

Pos terkait