Anies Janji Selama Ramadan Ormas Tak Akan Sweeping Tempat Hiburan Malam

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Suara.com/Tio)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Suara.com/Tio)

Jambi Seru – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan selama bulan puasa ramadan tahun ini tidak akan ada organisasi kemasyarakatan (ormas) yang melakukan razia atau sweeping tanpa izin.

BACA JUGAHarga Bawang Putih Turun, Daging dan Cabe Naik

Anies berani menjamin tidak ada ormas yang bertindak seperti itu karena berkaca pada pengalaman tahun lalu.

Bacaan Lainnya

“Tahun lalu ada enggak? Enggak ada, Insya Allah enggak ada juga tahun ini,” kata Anies di Balai Kota.

Sebelumnya, Pemprov DKI melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta juga sudah mengeluarkan surat edaran nomor 162/SE/2019 tentang waktu penyelenggaraan industri pariwisata selama Ramadan.

Surat itu menginstruksikan kepada seluruh usaha diskotek, mandi uap, rumah pijat, arena ketangkasan manual, mekanik atau elektronik untuk orang dewasa, wajib tutup satu hari sebelum Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri dan satu hari setelahnya.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga meminta ormas untuk menahan diri agar tidak melakukan razia tanpa pendampingan dari aparat penegak hukum dan cenderung main hakim sendiri selama bulan suci Ramadan 1440 Hijriah.

“Menurut saya, kaitannya dengan sweeping atau tidak, ada baiknya untuk semua kita mampu menahan diri. Bulan Ramadan adalah bulan di mana setiap kita diberikan kesempatan untuk melatih diri dan mengendalikan hawa nafsu kita masing-masing,” tutur Lukman di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019).

BACA JUGA : 6 Adab untuk Sempurnakan Puasamu Menurut Imam Al Ghazali

Menag menyarankan ormas maupun masyarakat dapat berkoordinasi dengan pihak keamaan, jika menemukan unsur-unsur yang dinilai menodai kesucian bulan Ramadan. (ndy)

Pos terkait