Sebar Berita Bohong, Bakal Langsung Distempel HOAX oleh Polda

Berita hoax terkait virus corona. Foto: Yogi/Jambiseru.com
Berita hoax terkait virus corona.Foto: Yogi/Jambiseru.com

Sebar Berita Bohong, Bakal Langsung Distempel HOAX oleh Polda

Jambi – Semenjak mewabahnya Virus Corona, penyebaran berita bohong atau hoax semakin masif terjadi. Hal ini tentunya kerap membuat membuat masyarakat resah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, polda Jambi bakal memberikan stempel Hoax .

Baca Juga : Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri Versi WHO, Mandiri di Tengah Corona

Kepolsian Daerah (Polda) Jambi, melalui Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus), Kombes Pol Edi Faryadi, mengatakan, akan menindak tegas para pembuat berita bohong atau hoax yang tentang Covid-19 yang meresahkan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kita akan tindak tegas siapa saja yang membuat berita bohong atau hoax, yang bisa menimbulkan keresahan dan kepanikan masyarakat di tengah mewabah nya virus corana ini,” tegasnya.

Baca Juga : SAH! PPP Berikan Surat Rekomendasi Dukungan untuk Fadhil-Bakhtiar

Kata Edi, setiap berita bohong pihaknya akan menindak tegas sesuai dengan Undang-Undang nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Bahwa setiap berita bohong apalagi yg berkaitan dengan situasi saat ini tentang Adanya COVID 19. akan di Tindak sesuai dengan UU ITE,” tutupnya.

Sementara, Juru bicara penanganan Covid-19 Jambi, Johansyah, pihaknya sudah mengupayakan untuk mengatasi berita bohong atau hoax.

“Kita sudah berkoordinir dengan Dinas Kominfo Jambi, bahwa jika ada berita hoax akan kita stempel hoax,” ujarnya.

Stop Sebar Informasi Tak Terkonfirmasi via WA!

Untuk diketahui, sepekan terakhir, sejak virus corona menyerang Jambi, pesan-pesan berantai terkait perkembangan kasus Covid-19 menjamur di Whatsapp.

Hampir semua grup WA yang diikuti Biru (Jambiseru), rata-rata ada saja yang mengirim pesan-pesan berisi informasi Covid-19.

Sebagian memuat kebenaran, sebagian lagi hoax.

Untuk itu, peringatan keras dari Polda Jambi, diharap mengerem seluruh masyarakat Jambi dalam menyebar informasi terkait corona virus. Cek sebelum share.

Jika belum yakin dengan informasi yang didapat, sebaiknya jangan share karena itu akan merugikan Anda dan orang lain.

Tetaplah di rumah. Jaga kesehatan dan jarak aman. Berlaku hidup bersih. Semoga kita bisa melewati cobaan ini. (Yog)

Pos terkait