Dinsos Provinsi Jambi Buka Pelayanan Pendampingan Psikologis Pasien Terpapar Corona

  • Whatsapp
Ilustrasi covid-19. (Ist)
Ilustrasi covid-19. (Ist)

Dinsos Provinsi Jambi Buka Pelayanan Pendampingan Psikologis Pasien Terpapar Corona

Jambi – Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jambi, membuka pelayanan dampingan psikologis pasien yang terpapar virus Corona atau Virus Disaese 2019 (Covid-19). Selain itu, bagi anak yang merupakan korban bully karena Corona, juga akan diberikan pendampingan psikologi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Breaking News! Kabupaten Merangin Masuk Zona Waspada Covid-19

Supervisor Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Dinsos Provinsi Jambi, Tuti Rosmalina, menjelaskan, banyak hal yang terlupa dalam situasi seperti ini. Anak merupakan bagian rentan menjadi korban dari covid-19, bukan hanya rentan terpapar. Namun, juga rentan menjadi korban bully di tengah masyarakat. Terutama yang orang tuanya atau anggota keluarganya dinyatakan positif Covid atau hanya sekedar ODP (Orang Dalam Pemantaun).

“Satuan bakti pekerja sosial kementerian sosial RI yang bertugas di Provinsi Jambi membuka layanan dan dampingan pisikososial. Sebagai upaya pengutan mental anak yang menjadi pasien covid atau bahkan korban bully dari covid 19,” jelasnya, Selasa (21/4/2020).

Kata Tuti, Sakti Peksos juga sudah melakukan pendataan dan pelayanan dampingan penguatan dan sosialisasi. Di antaranya Kabupaten Kerinci, Sungai Penuh dan Kota Jambi.

“Bahwa virus ini bukan sesuatu yang dianggap aib. Dia adalah virus yang dapat dicegah dengan pola hidup bersih dan memakai masker, ketika beraktifitas di luar rumah. Dengan selogan “rindu itu berat. Pakai masker gampang. Lindungi diri dan sesama dengan sehelai masker,” katanya.

Tuti menambahkan, Sakti Peksos provins Jambi juga menerima layanan dampingan sikososial bagi anak rentan yang mengalami tekanan akibat covid 19 ini. Setidaknya di Provinsi Jambi ada dua (2) anak yang menjadi pasien covid-19 yang tertular dari orang dewasa di sekitarnya.

“Juga banyak anak yang menjadi korban diskriminatif karena kelurganya mengalami atau terpapar covid-19. Dua anak tersebut, sebelumnya Orang Tanpa Gejala (OTG), setelah dilakukan Rapid Tes, haslnya positif. Hingga saat ini dua anak tersebut sudah jadi PDP dan di Isolasi di Rumah Sakit,” tambahnya.

Baca Juga : Update Terbaru Sebaran Corona di Indonesia, Jambi Tambah 5 Kasus Positif

Bagi masyarakat yang merasa anaknya mengalami tekanan sikososial dan depresi akibat visur Corona (Covid-19). Bisa menghubungi Dinas Sosial Kabupaten/Kota, bidang rehsos dan anak atau sakti Peksos anak. (yog)

Berikut nomor ponsel pihak dinsos yang bisa dihubungi.
Bungo 0812-7129-2456
Kota Jambi 0852-0707-0767
Merangin 0821-2006-2625
Provinsi jmbi 0852-7644-3066

Pos terkait