Vitamin D untuk Kekebalan Tubuh dan Sumbernya

Vitamin D untuk kekebalan tubuh
Vitamin D untuk kekebalan tubuh

Jambiseru.com – Vitamin D untuk kekebalan tubuh. Apa benar? Kenapa bagus dan makanan apa yang mengandung vitamin ini?

Dilansir laman shokuhin.net, Vitamin D sudah diajurkan penggunaannya oleh Dolad Trump, sang Presiden Amerika yang kalah dengan Joe Biden.

Analisis fungsi imun vitamin D ini diperkuat saat Otsuka Pharmaceutical pada seminar pers online, sehubungan dengan vitamin-mineral dengan kekebalan tubuh.

Profesor Kiyoshi Tanaka dari Fakultas Nutrisi, Universitas Kobe Gakuin, menjelaskan betapa pentingnya vitamin D. Saking perlunya, 13 jenis vitamin dan 13 jenis mineral secara merata harus dikonsumsi rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Vitamin D tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan, tetapi juga memiliki efek pengaturan dan menekan respons kekebalan yang berlebihan. Jelas bahwa kecukupan vitamin D memiliki implikasi penting untuk pencegahan penyakit menular (pandemi, red),” ungkap Prof Kiyoshi Tanaka.

Katanya lagi, vitamin D bekerja pada imun bawaan. Ia berada di garis depan pertempuran melindungi tubuh dari penyakit. Vitamin D berperan penting menangani patogen kecil yang tak bisa dilawan oleh kekebalan bawaan.

Bekerja Bantu Imun Bawaan

Pada imunitas yang didapat, ia bekerja pada sel T pembantu (limfosit) yang menghasilkan sitokin, yang merupakan zat imunostimulan, dan berperan dalam pengaturan imunitas.

“Jika Anda kekurangan vitamin D, Anda akan memiliki lebih sedikit limfosit untuk bertindak sebagai pencegah,” katanya.

Sindrom gangguan pernapasan akut, yang merupakan salah satu efek virus corona, disebabkan oleh badai sitokin yang menghasilkan sitokin dalam jumlah besar karena keadaan kekebalan yang tidak terkendali.

Dia juga menunjukkan bahwa peningkatan penyerapan kalsium adalah peran terpenting vitamin D.

“Tanpa vitamin D, tidak peduli berapa banyak kalsium yang Anda makan, itu tidak masuk ke tubuh, “katanya.

Mengenai seng, Kunihiro Nishizawa, peneliti tamu yang menjadi moderator, memperkenalkan laporan penelitian yang menghambat replikasi virus.

Ahli diet terdaftar Mamiko Asano menjelaskan peran umum vitamin dan mineral.

“B1 adalah nutrisi yang berlimpah dalam daging babi dan kedelai, bukan sayuran, dan membantu metabolisme nasi, udon, pasta, dll. Untuk membantu menghasilkan energi. A, D, E, dan K yang larut dalam lemak adalah daging. Dengan menggabungkannya dengan lemak ikan dan ikan, penyerapan akan berlangsung,” jabar Asano.

Makanan Apa yang Mengandung Vitamin D ?

Menurut laman elle.com, setidaknya ada 13 jenis makanan yang kaya dengan Vitamin D. Berikut jenis-jenisnya :

1. Swordfish

Ikan Swordfish / todak adalah ikan yang sempurna untuk dikonsumsi. Kandungan vitamin D dalam ikan ini adalah 566 IU, yang merupakan kalori rendah 146 kkal per sekitar 85 g.

2. Jamur

Menurut American Mushroom Society, jamur adalah sumber vitamin D pada makanan segar. Produsen mengatakan bahwa dimungkinkan untuk meningkatkan jumlah vitamin D dengan menyinari jamur yang rendah kalori dan kaya serat makanan dengan sinar ultraviolet selama proses produksi.

Jamur yang dikatakan mampu menyerap sinar ultraviolet dalam jumlah besar adalah jamur coklat (cremini), portabello, jamur maitake, dan jamur putih.

3. Minyak ikan kod

Minyak kental nutrisi ini kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti mengontrol kadar kolesterol dan memperbaiki depresi. Minyak ikad juga merupakan sumber vitamin D nomor satu. Kandungan Vitamin D 1.360 IU per sendok makan.

4. Yogurt

Yoghurt camilan kaya protein dan membantu mengatur saluran pencernaan. Yogurt yang diperkaya vitamin D mengandung sekitar 80 IU vitamin D per orang sekitar 170 g.

5. Susu

Susu juga kaya dengan vitamin D. Kandungan vitamin D di susu bisa mencapai 124 IU per cangkirnya. Selain itu, susu beras (air nasi rebusan / air tajin), santan, dan susu almond juga mengandung banyak vitamin D.

6. Ikan Salmon

Berikutnya yang mengandung Vitamin D tinggi adalah Ikan salmon di perairan dingin. Kandungan vitamin D ikan salmon 447 IU per sekitar 85 g.

7. Hati sapi

Hati sapi dapat memasok protein berkualitas tinggi dan dapat 42 IU vitamin D per sekitar 85g. Plus zat besi yang baik untuk kesehatan sel, seng (baik untuk mengatur fungsi kekebalan), vitamin A (baik untuk kesehatan mata), dan asam folat (membantu perbaikan DNA).

8. Sarden

Ikan kaleng saredn dengan kaya vitamin B12, yang meningkatkan sistem kekebalan, selenium anti-inflamasi, fosfor yang menyehatkan tulang. Vitamin D ikan sarden mencapai 46 IU per dua sarden.

9. Ikan Halibut

Ikan Halibut ini kaya kalium, vitamin B6, vitamin B12, seng, magnesium, dan 200 IU vitamin D yang sehat per sekitar 85 g.

10. Ikan Tuna

Kandungan vitamin D ikan tuna sekitar 154 IU per kaleng sekitar 85 g.

11. Jus jeruk

Jus jeruk yang menyegarkan. Setiap gelas (atau sekitar 85g) mengandung hingga 137 IU vitamin D.

12. Kuning Telur

Bagian kuning pada telur mengandung 41 IU vitamin D per buah. Telur, yang sebelumnya disebut sebagai makanan tidak sehat dalam penelitian sebelumnya, kini terbukti sangat bergizi.

13. Sereal

Sereal mengandung 41 IU vitamin D per 237 ml. Secara khusus, sereal jenis gandum utuh memiliki kandungan yang tinggi. (*)

Sumber :

shokuhin.net

elle.com

 

Baca Artikel Kesehatan Lain :

Tak Semua Bagus, Ini Tips Memilih Minyak Sayur yang Sehat

Anda Sesak Napas? Ini Solusi Cara Mengatasi Tanpa Obat

Resep Sosis Cah Jamur Lengkap Protein dan Vitamin D dalam 1 Menu

 

Pos terkait