Studi : Orang Kaya Hidup Lebih Lama daripada Orang Miskin

ilustrasi-orang-kaya-shutterstock
Ilustrasi orang kaya (shutterstock)

Studi : Orang Kaya Hidup Lebih Lama daripada Orang Miskin

JAMBISERU.COM – Seberapa kaya Anda rupanya dapat memengaruhi berapa lama Anda akan hidup. Sebab sebuah studi menemukan bahwa pria dan wanita yang masuk dalam golongan orang kaya, rata-rata sembilan tahun hidup lebih lama dari orang miskin.

BACA JUGAKabar Terkini Reynhard Sinaga, Pria Kelahiran Jambi Terancam Hukuman Lebih Berat

Bacaan Lainnya

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology ini dilakukan oleh spesialis University College London yang melibatkan lebih dari 25.000 orang dewasa di atas usia 50 di Amerika Serikat dan Inggris.

Peneliti membagi peserta menjadi tiga kelompok berdasarkan total kekayaan rumah tangga mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kapan orang dewasa mulai menunjukkan tanda-tanda cacat terkait usia seperti berjuang untuk bangun dari tempat tidur, lapor CNN.

Para peneliti menemukan bahwa kekayaan adalah faktor sosial ekonomi terbesar dalam memprediksi kapan tantangan ini muncul.

Orang yang memiliki lebih banyak uang, studi ini menemukan, menjalani kehidupan “bebas disabilitas” selama hampir satu dekade lebih lama daripada mereka yang memiliki uang lebih sedikit.

Perempuan kaya dalam penelitian ini diprediksi hidup 33 tahun bebas cacat, sementara perempuan miskin hanya bisa mengharapkan 23 hingga 24,6 tahun sehat.

Sedangkan untuk pria, kelompok yang lebih kaya diprediksi hidup 31 tahun tanpa disabilitas, sementara yang kurang kaya diperkirakan hidup sehat 22 hingga 23 tahun.

“Sementara harapan hidup adalah indikator kesehatan yang berguna, kualitas hidup seiring bertambahnya usia juga penting,” kata penulis Paola Zaninotto, seorang spesialis kesehatan masyarakat dalam sebuah pernyataan, dikutip Suara.com–media partner Jambiseru.com dari People.

BACA JUGAHeboh, Ada Wanita Telanjang Jalan-jalan di Bandara

“Dengan mengukur harapan hidup sehat, kita bisa mendapatkan perkiraan jumlah tahun hidup yang dihabiskan dalam kondisi kesehatan yang baik atau tanpa cacat,” jelasnya. (put)

Pos terkait