Selain Tingkatkan Kesuburan, Ini 5 Manfaat Makan Tauge

tauge
Selain Tingkatkan Kesuburan, Ini 5 Manfaat Makan Tauge. (Shutterstock)

JAMBISERU.COM – Selain Tingkatkan Kesuburan, Ini 5 Manfaat Makan Tauge

Tauge atau kecambah memang kaya serat, kalori, enzim, protein, rendah kalori dan sarat mikro nutrisi lainnya. Sayuran ini lebih familiar di telinga orang Indonesia sebagai pendompleng kesuburan reproduksi bagi pria.

BACA JUGA: Ibu Kota Baru Akan Punya Ini

Bacaan Lainnya

Tidak hanya kesuburan, kecambah juga miliki beragam manfaat lainnya saat rutin dikonsumsi setiap hari, melansir laman Times of India, Kamis (22/8/2019)

1. Menurunkan berat badan

Menjadikan kecambah sebagai lauk pauk akan membuat lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Ini karena kandungan protein, kaya serat dan berkalori rendah membuat kecambah sangat cocok dimakan bagi yang sedang jalani program diet.

2. Baik untuk pencernaan

Lagi-lagi karena kaya serat, kecambah baik untuk sistem pencernaan. Kecambah akan melancarkan pergerakan usus sehingga mencegah sembelit. Enzim dalam kecambah juga meningkatkan metabolisme untuk memecah makanan dan membantu penyerapan nutrisi lebih maksimal.

3. Mengontrol gula darah

Kemampuan kecambah mengontrol gula darah terungkap dalam penelitian. Ini karena kecambah mengurangi jumlah karbohidrat. Meski tidak semua penelitian menyebutkan hal serupa.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Sayuran mungil ini mampu jaga kesehatan jantung. dan cegah risiko penyakit lainnya terkait kardiovaskular, seperti darah tinggi. Beberapa penelitian menyebut makan kecambah dapat tingkatkan kolesterol HDL yang baik dan turunkan HDL yang buruk.

5. Baik untuk mata dan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A pada kecambah akan membantu meningkatkan pengelihatan, belum lagi antioksidan pada kecambah akan melindungi sel-sel mata dari radikal bebas.

BACA JUGA: Dicekoki Miras, Perempuan Ini Dirudapaksa Teman Sendiri

Sedangkan kandungan vitamin C akan menstimuli sel darah putih yang berguna melawan infeksi. Kandungan antioksidan pada kacambah juga baik untuk kekebalan tubuh. (put)

Pos terkait