Copot Kepala BKD Sampai Kadis Pendidikan, Ini Alasan Gubernur Jambi 

Gubernur Jambi Fachrori Umar
Gubernur Jambi, Fachrori Umar. Foto: Dok/Humas

Copot Kepala BKD Sampai Kadis Pendidikan, Ini Alasan Gubernur Jambi

JAMBISERU.COM, Jambi – Di akhir masa jabatannya, Gubernur Jambi Fachrori Umar merombak pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Beberapa pejabat eselon II setingkat kepala dinas non job, seperti Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sampai Kepala Dinas Pendidikan (Kadis Pendidikan) Provinsi Jambi.

Senin (25/11/2019) sore di rumah dinas Gubernur Jambi, Fachrori bahkan sudah melantik tiga pejabat.

Mereka tak lain; Otin Supandi sebagai Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi (jabatan sebelumnya Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jambi) dan Ujang Hariyadi sebagai Kepala Bidang Pengembangan Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (jabatan sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi).

Berikutnya, Ariansyah sebagai Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (jabatan sebalumnya Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Jambi).

BACA JUGA : BNNP Proses Oknum PNS Dinas PU Muaro Jambi yang Diduga Bandar Sabu 

Alasan Fachrori merombak kabinetnya ialah untuk mempercepat pelaksanaan kerja organisasi daerah.
“Mutasi dan penggantian beberapa pejabat struktural ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja, supaya pelaksanaan program di tiap OPD maksimal,” ujar Fachrori, seperti dilansir Humas Setda Provinsi Jambi.
“Sebelum mutasi dan penggantian pejabat dilakukan, saya selaku gubernur telah terlebih dahulu menerima berbagai masukan dari berbagai elemen, dilanjutkan dengan assessment (penilaian) dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara). Termasuk wawancara, serta kajian terhadap kinerja kepala OPD. Selain itu, saya juga telah melakukan evaluasi sejak saya menjadi Plt Gubernur Jambi pada 10 April 2018,” jelas Fachrori.
Dengan adanya mutasi dan penggantian, ia berharap pelaksanaan program kerja di seluruh OPD semakin lancar dan semakin baik, serta berharap ada inovasi dan ide-ide kreatif dari para pejabat baru supaya sinkron dengan visi Jambi TUNTAS.
“Untuk itu, saya minta pejabat yang baru dilantik dan seluruh pewagai Pemerintah Provinsi Jambi bekerja semaksimal mungkin,” tegas Fachrori.
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah menambahkan, ada tiga pejabat eselon II yang menjadi staf, yaitu Kepala BKD H Husairi, Kepala Dinas Pendidikan Agus Herianto, dan Kepala Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi H Amsyarnedi. Ketiganya ditempatkan di BPSDM sebagai staf. Edi Kusmiran (jabatan sebelumnya Kastpol PP) dimutasikan ke Eselon III.
BACA JUGA : Pergoki Istri Bercumbu dengan Siswa SMK, Suami Tikam Keduanya
Sementara, Emi Nopisah (Sekretaris Dewan), tetap sebagai Setwan. Namun berdasarkan PP nomor 11 tahun 2011, jabatan Eselon II hanya empat tahun, jika lebih maka harus  dilakukan assessment dan dilantik ulang.
Johansyah mengatakan, untuk mengisi kekosongan jabatan definitif kepala OPD, ditunjuk  Plt (Pelaksana tugas), yakni Plt Kepala BKD Pahri dan Plt Kepala Biro Kesramas Taufik Kabag Agama, Plt Kepala Dinas Perindang Sri Argunaini (Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi dan Pembangunan).
Berikutnya, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata adalah sekretaris dinas tersebut, Plt Kepala Dinas Pendidikan Adi Varial (Kepala Dinas Perhubungan), dan Plt Kepala Biro Umum Ahmad Bastari (Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakatan dan SDM).
“Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Evy Primawaty, sudah mengajukan pengunduran diri atas permintaan sendiri karena sudah menjadi dosen tetap di Universitas Indonesia. Sekarang masih diproses, dia masih tetap sebagai kepala dinas, masih menunggu SK resmi dari BKN,” terang Johansyah.(cr1)
Loading Facebook Comments ...