3 Kapal Patroli Baru Polairud, Diberikan Mabes Polri untuk Memaksimalkan Tugas

polairud
Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS meresmikan tiga kapal patroli Polairud. Foto: Istimewa

JAMBISERU.COM, Jambi – Tiga kapal baru diberikan Mabes Polri kepada Kepolisian Air dan Udara (Polairud), guna menjaga peraiaran di Provinsi Jambi.

BACA JUGA: DPP Tetapkan Sarmuji Jadi Plt Ketua DPD Golkar Jambi

Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS meresmikan tiga kapal patroli Polairud tersebut di Pos Polairud Angso Duo. Diawali dengan penggutingan Pita dan pemecahan kendi di atas kapal patroli. Syarat tanda syukur dan utama Doa mohon keselamatan semoga semua berjalan lancar dan selamat.

Bacaan Lainnya

Usai peresmian, Muchlis melakukan uji coba Kapal Patroli, bersama PJU Polda Jambi dan para Bhayangkari.

“Mabes Polri memberikan perhatian khusus kepada Provinsi Jambi dengan memberikan bantuan tiga unit kapal patroli ini, guna menjaga dan meningkatkan fasilitas bagi Ditpolairud dalam melaksanakan tugas diperairan Provinsi Jambi,” katanya.

“Dengan diterimanya tiga Kapal Patroli ini, Ditpolairud Polda Jambi menpunyai 18 unit kapal saat ini. Walaupun dengan jumlah itu belum memadai karena luasnya perairan Provinsi Jambi,” lanjutnya.

Muchlis berharap ke Ditpolairud, untuk menjalankan tugasnya dengan baik dalam membantu masyarakat serta menjaga perairan demi keamanan negeri dan memaksimalkan tugasn.

“Semoga dengan bantuan tiga unit kapal patroli ini Ditpolairud Polda Jambi lebih maksimal dalam tugasnya tutur Kapolda Jambi,” harapannya.

Kemudian Dirpolairud Kombes Pol Arif Budi W mengatakan, kapal ini bantuan dari Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Korpol Airud Mabes Polri dengan lima fungsi.

“Yang terdiri dari fungsi Fre entif yaitu petugas wajib sosialisasi dan memberikan pemahaman, Freventif yaitu meminimalisir terjadinya tindak pidana, Refrentif yaitu melakukan tindakan terhadap pelaku pidana, juga SAR memberikan bantuan dan tindakan dan Banfas yaitu membantu dan memfasilitasi pihak kepolisian darat bila terindikasi ada kejahatan dikapal.

Lanjut Arif menjelaskan 3 kriteria kapal tersebut, Kapal pertama RIB Intercept KP XXVI 2013 merupakan kapal patroli dengan 2 mesin yamaha 4 tak 250 PK. Kapal yang kedua Pemburu Cepat KP XXVI 2012 4 x300 kecepatan 42 knots, Kapal yang ketiga Ship Tender KP XXVI-1018 dengan kapasitas 85 HP yang diterima pada Jumat 8 November 2019.

BACA JUGA: Pelantikan Lima Kades Terpilih di Muaro Jambi Ditunda

Lalu Arif mengucapkan terima kasih kepada Korpolairud Baharkam Polri atas bantuannya dan menjadikan semangat dalam bertugas. (put)

Pos terkait