Pilgub Jambi 2020, Muncul Wacana Haris-Safrial Atau Safrial-Haris

Kandidat-Pilgub
Haris-Safrial. Foto: Dok/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Kualatungkal – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi kian dekat. Wacana-wacana pasangan kandidat mulai bermunculan. Salah satunya Alharis-Safrial atau Safrial-Alharis. Alharis yang notabene Bupati Merangin ini, menjadi daya tarik sendiri bagi Safrial yang merupakan Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).

BACA JUGA: Sentil Gubernur Jambi, Romi Minta Anggaran Jalan Tanjabtim

Beberapa sumber di lingkaran Safrial, menyebut bahwa Bupati Tanjabbar ini, sejak awal hanya tertarik berpasangan dengan mantan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus, untuk maju di Pilgub 2020.

Bacaan Lainnya

Namun, sejak HBA memberi kesan kuat tidak akan maju pada Pilgub tahun depan, Safrial terkesan menahan diri untuk melirik pasangan atau menjadi pasangan kandidat lain.

“Tadinya beliau (Safrial, red) sangat ingin maju mendampingi HBA di Pilgub, tapi sekarang masih lihat-lihat dulu,” ungkap orang dekat Safrial yang mewanti-wanti agar namanya tak disebut di media, kepada Jambiseru.com, belum lama ini.

Sementara, melihat perkembangan beberapa waktu terakhir, ada kesan Safrial mulai tertarik dengan Alharis, Bupati Merangin yang juga mantan penjual koran itu.

Namun, terkait siapa yang bakal nomor 1 atau nomor 2, hingga kini belum ada gambaran dari Safrial.

“Soal 1 atau 2, belum dikasih tahu ke kami. Tapi politik kan cair, semua bisa terjadi,” bebernya, lagi.

Terpisah, Zulmi Erdi, salah seorang yang dekat dengan Safrial, membenarkan bahwa pembicaraan soal Alharis sudah keluar dari Safrial.

“Kayaknya ke Merangin. Tapi baru sebatas wacana, masih dijajaki,” ungkap Zulmi kepada Jambiseru.com.

Untuk diketahui, Safrial MS adalah Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dari Partai PDI Perjuangan. Ia juga salah satu kandidat yang diperhitungkan karena memiliki kekuatan di beberapa bidang. Salah satunya, bidang finansial.

Selain akademisi dan politisi, Safrial juga dikenal sebagai pengusaha perkebunan yang berhasil. Jiwa dagangnya membawa Safrial menjadi salah satu kandidat yang memiliki kekuatan finansial mumpuni.

Sedang Alharis, dikenal sebagai sosok pelobi dan luwes. Saat ini saja, Alharis berhasil menggaet 4 kepala daerah untuk mendukungnya di Pilgub nanti. Yakni Bupati Kerinci Adirozal, Bupati Bungo Mashuri, Bupati Muarojambi Masnah Busro dan Bupati Tanjung Jabung Timur Romi.

BACA JUGA: Blangko KTP-el di Muaro Jambi Macet

“Baru Haris yang menunjukkan kemampuan lobinya. Sekarang saja sudah ada beberapa bupati yang dukung Haris, ini fenomena politik yang luar biasa,” tutur Musri Nauli, praktisi dan akademisi hukum dan sosial Jambi.(iis)

Pos terkait