Lalu Lintas Alternatif Cianjur-Cipanas Lumpuh, Usai Diguncang Gempa Bumi 5,6 Magnitudo

Gempa Bumi
Lalu lintar dari Cianjur-Cipanas yang terputus longsor akibat Gempa Bumi. (pikiran-rakyat.com)

Jambi Seru – Lalu lintas alternatif dari Cianjur-Cipanas dan sebaliknya lumpuh total. Ini terjadi usai diguncang gempa bumi 5,6 magnitudo. Gempa yang terjadi di Cianjur Jawa Barat tersebut, terjadi pada Senin (11/11/2022) sekitar pukul 13.21 WIB

Usai gempa bumi 5,6 magnitudo, terjadi longsor pada jalur tersebut. Material longsor dalam jumlah besar menutup badan jalan. Sehingga lalu lintas di kawasan tersebut terputus total.

Jalan tersebut, merupakan jalur alternatif dari arah Cianjur menuju Cipanas atau sebaliknya. Biasanya, pada akhir pekan, jalur tersebut dipenuhi oleh pengendara.

Bacaan Lainnya

“Tertutup longsor, hati-hati, jalan Cigenang alternatif Cianjur – Cipanas tertutup longsor akibat gempa barusan,” kata seorang perekam dalam video yang diunggah akun Instagram @infocianjur, seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com, jaringan media indonesiadaily.co.id (media partner jambiseru.com).

Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi itu berada di titik koordinat Lok:6.8,4 LS, 107.05 BT, 10 Kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur.

BMKG melaporkan pusat gempa berada di darat sehingga tidak berpotensi tsunam

Mengutip laporannya, gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur dirasakan sangat kuat selama 10-15 detik, hingga mengakibatkan masyarakat panik berhamburan dan keluar rumah untuk melakukan evakuasi.

Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Andrie Setiawan menkonfirmasi adanya sejumlah fasilitas publik dan rumah warga yang rusak akibat gempa.

Pos terkait