KPU dan Kemendagri Kembali Beda Pendapat Soal Durasi Kampanye

KPU dan Kemendagri Kembali Beda Pendapat
Komisioner KPU, Ilham Saputra. (Ist)

Jambi Seru – Setelah sebelumnya sependapat soal jadwal pelaksanaan Pemilu 2024, KPU dan Kemendagri kembali beda pendapat soal durasi kampanye. Terjadi perbedaan pendapat terkait lama waktu kampanye antara keduanya. Mendagri menginginkan waktu kampanye lebih pendek dibandingkan dengan usulan KPU.

Ketua KPU, Ilham Saputra saat mengikuti rapat kerja di Komisi II DPR mengusulkan agar pelaksanaan kampanye dilakukan selama 120 hari atau empat bulan. Sementara Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memberikan usulan yang berbeda.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Kemenkeu Pastikan Penggunaan Dana Desa Bisa Fleksibel

Bacaan Lainnya

“Durasi kampanye 120 hari mulai dari 14 Oktober 2023 sampai 11 februari 2024, hari pemungutan suara,” kata Ilham, Senin (24/1/2022).

Sementara Tito Karnavian, mengusulkan masa kampanye lebih singkat dibanding KPU, yakni hanya tiga bulan atau 90 hari.

“Mengenai masa kampanye yang disarankan oleh diusulkan KPU selama 120 hari kami berpendapat maksimal 90 hari,” kata Tito.

Minimalisir Keterbelahan

Tito beralasan, waktu kampanye diusulakam lebih singkat untuk meminimalisir keterbelahan yang terjadi pada masyarakat akibat Pemilu.

“Tiga bulan sudah cukup kami kira masyarakat juga tidak lama terbelah dan kami kira dengan adanya teknologi komunikasi media maupun sosmed jaringan kami kira ini waktunya cukup,” kata Tito.

Sebelumnya, DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum, yakni KPU, Bawaslu dan DKPP akhirnya menyepakati tanggal Pemilu 2024 pada 14 Februari. Kesepakatan tersebut sebagaimana usulan yang disampaikan KPU dan pemerintah dalam rapat di Komisi II DPR siang ini.

“Penyelenggaraan pemungutan suara pemilihan umum serentak untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota serta anggota DPD RI dilaksanakan pada 14 Februari 2024,” kata Doli sebagaimana kesimpulan rapat, Senin (24/1/2022).

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Bisa lihat di:

1. Facebook Jambi Seru

2. Instagram Jambi Seru

3. Twitter Jambi Seru

4. Google News Jambi Seru

JANGAN LUPA FOLLOW, LIKE DAN SHARE MEDSOS JAMBISERU.COM

Informasi dan ingin kegiatan Anda diliput, hubungi redaksi Jambi Seru HP/WA : 0852-6759-9009 (Whatsapp Klik di sini )

Pos terkait