Hari Putra Sang Kontestan LIDA -Liga Dangdut- 2020 Asal Jambi

Hari LIDA
Hari Putra Sang Kontestan LIDA -Liga Dangdut- 2020 Asal Jambi. (Istimewa)

JAMBISERU.COM, Jambi – Tidak ada yang menyangka, seorang anak dari keluarga sederhana bisa mengikuti ajang bergengsi liga dangdut (LIDA) tingkat nasional. Hari Putra namanya, pria asal Kelurahan Tanjung Raden, Seberang Kota Jambi, Provinsi Jambi, kini masuk dalam Top 70 besar LIDA tahun 2020 di Jakarta.

BACA JUGAHeboh Beras Plastik di Batanghari Jambi, Satgas Pangan Cek 3 Kecamatan

Pria berkulit putih itu masuk LIDA 2020 setelah lolos seleksi di Kota Jambi beberapa waktu lalu. Ai -sapaan akrab Hari-, memulai tarik suara sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Awalnya coba-coba, ternyata ia punya bakat. Bahkan Hari sudah sampai ke kancah nasional.

Bacaan Lainnya
Hari LIDA
Ayah Hari Putra, Kontestan LIDA 2020 asal Jambi berdiri di depan rumahnya. Foto : Doni/Jambiseru.com

Ai pertama kali mengikuti lomba nyanyi yang digelar forum mahasiswa di sanggar batik Kelurahan Mudung Laut, Sebrang Kota Jambi pada tahun 2009 silam. Hanya berbekal keberanian, AI mampu menyabet juara I dengan membawakan lagu daerah Jambi berjudul “Rang Kayo Hitam”.

Sering Ikut Lomba Nyanyi

Tak sampai di situ, masih di SMP, pria kelahiran Tanjung Raden, 18 Juli 1997 itu kembali mengikuti lomba bernyanyi di Taman Budaya Jambi (TBJ) di tahun 2010. Ia langsung mengikuti dua perlombaan. Lomba menari dan bernyanyi. Namun, anak pertama dari tiga bersaudara itu peringkat pertama lomba nyanyi, lomba tari ia belum beruntung.

BACA JUGA : LIVE, Dangdut LIDA 2020 Malam Ini

Berangkat dari sana, pria penyuka tekwan dan bakso tersebut terus mengembangkan bakatnya. Ai pun ikut berlatih vokal dengan guru musik terkenal di Jambi, yakni Mbah Wiro.

Anak dari ayah bernama Burhanuddin (49) yang bekerja sebagai sopir pengangkut material bangunan dan ibu Ratumas Fatmawati (47) kerja sebagai IRT tersebut, terpilih menjadi penyanyi daerah untuk tim kesenian Kota Jambi. Sejak itu, Ai sering diundang untuk penyambutan tamu-tamu penting yang datang ke Provinsi Jambi.

Bakat menyanyi terus dikembangkan oleh Hari Putra. Namun lagu yang dinyanyikan Ai bukanlah lagu dangdut. Melainkan lebih menggeluti lagu religi dan lagu daerah Jambi.

Hari LIDA koleksi piala
Koleksi piala Hari Putra, Kontestan LIDA 2020 asal Jambi. Foto : Doni/Jambiseru.com

Pada saat melanjutkan pendidikan di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Jambi, Ai kembali ikuti lomba bernyanyi kategori religi. Anak yang taat ibadah itu menyanyikan lagu “Bibagian depanri Surga” ciptaan Uje. Ia kembali meraih juara. Kemudian Ai diberangkatkan ke Provinsi Aceh untuk melanjutkan ke tingkat nasional.

Baca hanya di Jambiseru[dot]com : Pertanyaan dan Jawaban yang Biasa Diajukan untuk Jambi

Belajar Nyanyi Lagu Arab

Sepulang dari Aceh, ia belajar bernyanyi lagu Arab. Bahkan, Ai bergabung dengan grup gambus Ba’alawi. Di grup itu, Ai hanya bergabung sebentar. Lalu, ia memilih bergabung dengan grup gambus El Shaka hingga saat ini.

Baca Juga : Live Lida Malam Ini, Hari Jambi Dapat 5 SO Juri

Mempunyai suara emas dan ada ajang LIDA di depan mata, Hari Putra menguatkan diri untuk mengikuti LIDA tersebut. Hari bahkan diajarkan bernyanyi lagu dangdut oleh sepupunya bernama Ayu Nabila, seorang pencipta dan penyanyi lagu daerah Jambi. Sehingga ia kini telah masuk ke top 70 besar LIDA 2020.

Untuk diketahui, Ayu Nabila tidak hanya penyanyi lagu daerah Jambi. Ia ternyata pernah mengikuti audisi Dangdut Academy (DA). Namun nasib Ayu kurang beruntung untuk menuju ke Jakarta.

Penyuka Sambal Jengkol dan Pete

Hari LIDA keluarga
Keluarga Hari Putra, Kontestan LIDA 2020 asal Jambi. Foto : Doni/Jambiseru.com

Ibu Hari Putra, Ratumas Fatmawati, menceritakan, Ai jika di rumah sangat pendiam. Ai pun anak yang tidak banyak ulah. Bahkan, Ai sering membantu pekerjaannya di rumah.

“Jika di rumah Hari sering bantu mencuci baju,” kata ibunya kepada Biru (Jambiseru.com), Senin (27/1/2020).

Dikatakan Fatmawati, sewaktu Ai mengikuti audisi LIDA di Kota Jambi, waktu itu kondisi Ai sedang sakit flu. Namun dengan semangat yang tinggi Ai terus mengikutinya.

Baca Juga : Rindu dengan Penampilan Hari Jambi Lida? Kunjungi Youtube Channel Ini

“Alhamdulillah bisa lolos. Saya dan bapaknya tidak menyangka,” ujarnya.

Ketika ditanya apa makanan kesukaan Ai ketika di rumah? Fatmawati menyabutkan bahwa makanan kesukaan Ai adalah sambal jengkol dan pete.

“Meski di luar sudah makan dan kenyang, kalau saya sudah masak sambal jengkol dan pete pasti makan lagi,” sebutnya.

Fatmawati dan Burhanuddin berharap masyarakat Provinsi Jambi membantu dan mendukung putranya, Hari Putra agar bisa menang di LIDA 2020.

BACA JUGAAplikasi HP dan Situs Download-Nonton Film Gratis Pengganti Lk21 Indoxxi

Ditanya apakah ingin menonton langsung perfom anaknya di Jakarta? Fatmawati menyampaikan sangat ingin. Namun, ia dan keluarga terkendala biaya.

“Kalau dibilang mau, iya mau. Tapi kami tidak ada biaya untuk ke sana,” tutupnya.(uda/ndy)

Pos terkait