Sosok Haris-Sani di Mata Mantan Bupati Sarolangun Ini

Al Haris bersama UAS (Ustadz Abdullah Sani), kandidat bacagub-bacawgub Jambi 2020, di acara HUT Wisnu Murti Provinsi Jambi
Al Haris bersama UAS (Ustadz Abdullah Sani), kandidat bacagub-bacawgub Jambi 2020, di acara HUT Wisnu Murti Provinsi Jambi

Sosok Haris-Sani di Mata Mantan Bupati Sarolangun Ini

Jambiseru.com – Mantan Bupati Sarolangun, HM Madel ditetapkan menjadi Ketua Umum (Ketum) Tim Pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi, Al Haris-Abdullah Sani.

Penetapan mantan Ketua Tim Pemenangan Zumi Zola-Fachrori Umar ini tentunya semakin memperkuat barisan perjuangan pemenangan pasangan dengan jargon Jambi Mantap ini.

Bacaan Lainnya

Madel mengungkapkan Al Haris adalah sosok pemimpin millenial dan pasangannya Abdullah Sani merupakan sosok pemimpin tua, tentunya gabungan dua sosok pemimpin ini sangat ideal.

Kemudian di pasangan Haris-Sani mewakili keterwakilan wilayah, dimana Haris berasal dari Kabupaten Merangin (wilayah Barat) dan Abdullah Sani berasal Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Di pasangan ini juga adanya gabungan antara ulama dan umara. Pak Abdullah Sani adalah ulama, pendidikannya guru besar yang mengajar dai-dai Islam di UIN STS Jambi yang juga berpengalaman sebagai wakil walikota Jambi selama lima tahun,” kata Madel, Minggu (20/9) kemarin.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sosok Al Haris ini walaupun muda, namun dirinya banyak pengalaman. Mulai dari menjadi lurah, kemudian bekerja di Sarolangun dan beberapa kali menduduki eselon III. Lalu ditarik ke provinsi dan menjadi Bupati Merangin hingga sekarang periode kedua.

Bidang pendidikan, walaupun beliau bekerja tetapi pendidikan diutamakanya. “S1 Sarjana Sosial, yang menarik S2 beliau yakni Magister Hukum dan S3-nya doktor bidang pemerintahan. Secara keilmuan dia adalah orang hukum, secara pemerintahan dirinya tau persis bagaimana menjalankan pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Didalam bidang pemerintahan, Madel menilai sosok Al Haris selama menjadi Bupati Merangin, pemerintahan itu selalu jalan dan tidak ada masalah yang menonjol.

“Dalam mengambil keputusan dia selalu mandiri, tidak ada dipengaruhi isterinya. Pembangunan Kota Bangko kita lihat saat ini, pembangunan jembatan, pelebaran jalan, ada stadion dan sebagainya,” terangnya.

Masih dikatakan Madel, ketiga kandidat yang maju saat ini semua merupakan kepala daerah. Yakni Pak Cek Endra merupakan Bupati Sarolangun. Pak Fachrori Umar merupakan Gubernur Jambi dan Al Haris sendiri merupakan Bupati Merangin.

“Ketiganya saat ini sedang menjabat sebagai bupati dan gubernur, tentu saja saya melihat apa yang mereka lakukan. Jadi sebelum menentukan pilihan, kita harus melihat bagaimana kepemimpinannya. Inilah salah satu yang melatarbelakangi saya menunjukan sikap mendukung Haris-Sani, karna Al Haris nampak pembangunan dan gonjang-ganjing hukum tidak pernah ada dengar masalah korupsi,” kata Madel.

“Saya menaruh harapan besar dengan Haris-Sani. Saya anggap dengan pengalaman pendidikan dan pemerintahan ini, kedepan bisa membawa perubahan yang lebih baik, terutama untuk pembangunan masyarakat dalam rangka menuju Jambi Mantap 2025,” tambahnya.

Dirinya juga menyakini, para senior lainnya seperti mantan Bupati Kerinci, Murasman. Mantan Bupati Sarko, Bambang Wiyano. Mantan Bupati Merangin, Nalim. Mantan Bupati Tanjab Timur, Abdullah Hich dan Zainur Imron mempunyai pemikiran yang sama dengan dirinya.

“Kami-kami ini mempunyai rakam jejak (track record) karier birokrasi yang sama. Kami menjadi bupati sama dengan Haris, memulai semua dari bawah. Citra kita (Jambi) belakangan ini sudah tercoreng  negatif, saya sebagai senior di pemerintahan sangat percaya dengan sosok Haris-Sani bisa menjadi pemimpin yang kami harapkan,” pungkasnya. (tra)

Pos terkait