BEM SI Pastikan Tak ‘Ganggu’ Pelantikan Presiden, Demo Lagi Senin Besok

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin. (@darwis_triadi/instagram)
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin. (@darwis_triadi/instagram)

JAMBISERU.COM – Koordinator Pusat Aliansi BEM Seluruh Indonesia atau BEM SI, Muhammad Nurdiyansyah menyatakan tidak akan menggelar aksi demonstrasi pada saat acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo – Maruf Amin, Minggu (20/10/2019) hari ini.

BACA JUGA : Jelang Pelantikan Jokowi, Panglima TNI dan Kapolri Patroli Kawasan Senayan

Menurut BEM SI, momen pelantikan presiden dan wakil presiden adalah upacara sakral yang wajib dihormati sebagai bagian penting dari demokrasi.

Bacaan Lainnya

“Pelantikan presiden dan wakil presiden merupakan momen penting, hasil dari proses demokrasi yang wajib kita hormati bersama. Oleh karenanya, upaya menghalangi pelantikan presiden dan wakil presiden, bukanlah cara penyampaian pendapat yang bermartabat dan bagian dari demokrasi yang baik,” kata Nurdiyansyah melalui keterangan resminya, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Minggu (20/10/2019).

“Aliansi BEM Seluruh Indonesia pun menegaskan bahwa kami tidak terlibat dalam setiap upaya penghalangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia,” tegasnya.

Namun, mereka tetap akan melakukan aksi ‘Reformasi Dikorupsi’ sebagai perjuangan menyuarakan pendapat dari beberapa tuntutan yang belum dipenuhi oleh DPR dan pemerintah.

“Aliansi BEM Seluruh Indonesia, bersepakat akan kembali turun ke jalan, tepat satu hari setelah pelantikan presiden dan wakil presiden, pada 21 Oktober 2019,” ungkapnya.

Diketahui, Jokowi dan Ma’ruf Amin akan dilantik melalui sidang paripurna pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di Gedung Nusantara DPR/MPR, Minggu (20/10/2019) siang ini.

Sebanyak 30.000 personel gabungan TNI-Polri sudah bersiaga di sekitar Kompleks Parlemen Senayan dan Istana Negara untuk mengamankan jalannya acara pelantikan.

BACA JUGA : Sebelum Dilantik, Presiden Jokowi Terima Para Tamu Negara

Beberapa tamu pemimpin negara lain juga dijadwalkan hadir untuk menyaksikan Jokowi-Ma’ruf Amin mengucapkan sumpah jabatannya. (ndy)

Pos terkait