Jadwal Belajar Mengajar Dimulai Ditentukan Gugus Tugas

Nadiem Makarim Minta Kamus Sejarah Indonesia
Mendikbud, Nadiem Makarim. (Ist)

Jadwal Belajar Mengajar Dimulai Ditentukan Gugus Tugas

JAMBISERU.COM – Sudah satu bulan lebih siswa di sekolah diliburkan dari kegiatan belajar mengajar. Belum ada jadwal pasti kapan kegiatan di sekolah dibuka kembali.

Baca Juga : Kecamatan Tebing Tinggi Darurat Corona, Jubir : Masyarakat Ikuti Imbauan Pemerintah

Bacaan Lainnya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menegaskan, Kemendikbud belum menentukan kapan operasional sekolah akan kembali efektif. Setelah sebelumnya ditutup akibat wabah virus corona. Dia menyebut keputusan kapan sekolah dibuka tergantung Gugus Tugas Penanganan COVID-19.

Dia menjelaskan penyebaran virus corona, bukan permasalahan pendidikan. Untuk itu, Kemendikbud akan terus melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas terkait pembukaan sekolah.

“Tentunya keputusannya itu masih dalam Gugus Tugas, bukan di Kemendikbud. Jadi kami selalu meng-line dan selalu kami akan mengeksekusi dan mengkoordinasikan. Tapi keputusan kapan, dengan format seperti apa, karena ini faktor kesehatan bukan pendidikan, itu masih di Gugus Tugas,” kata Nadiem dalam raker bersama Komisi X DPR, Rabu (20/5).

“Jadi mohon menunggu, saya pun tidak bisa memberikan statementapa pun soal keputusan itu. Karena itu dipusatkan di Gugus Tugas. Tapi kami tentu terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas,” sambungnya.

Meski demikian, Nadiem menuturkan Kemendikbud sudah mempersiapkan diri dengan sejumlah skenario yang akan diambil Gugus Tugas. Nadiem pun menjelaskan pihaknya akan berdiskusi dengan sejumlah pakar agar skenario dapat dilaksanakan dengan baik.

“Harus diketahui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah siap dengan semua skenario, ya kami sudah ada berbagai macam skenario,” pungkas dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf mengungkapkan Kemendikbud telah menyiapkan dua skema terkait kapan kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat efektif. Dua skema yang disiapkan yakni sekolah efektif bulan Juli atau Desember 2020.

Baca Juga : 1 Lagi Pasien Positif Corona Batanghari Jambi Bertambah

“Kalau skema yang disampaikan ke kita, opsi 1 bulan Juli. Itu pun bertahap tidak semua langsung dibuka. Tetap dengan jarak dan protokol kesehatan sampai benar benar aman, terutama di zona merah. Opsi kedua adalah Desember. Jika sudah aman semua,” kata Dede, Rabu (20/5/2020). (tra)

Pos terkait