Berikut Jadwal Beli LPG Pakai Aplikasi MyPertamina

Gas LPG 3 KG
Gas LPG 3 KG. (Ist)

Jambi Seru – Baru-baru ini, pemerintah berencana memberlakukan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk keperluan pembelian LPG kg sama seperti pembelian Solar dan Pertalite.

Pemerintah telah menetapkan aturan baru mengenai pembelian Solar dan Pertalite. Pada 1 Juli 2022, Pemerintah menetapkan bahwa kendaraan roda empat yang membeli pertalite dan solar diwajibkan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Jika pemerintah sudah menetapkan aturan baru untuk pembelian solar dan pertalite, lalu kapan beli LPG pakai aplikasi? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

Bacaan Lainnya

Dibanding pertalite, pembelian LPG 3 kg menggunakan MyPertamina ini telah diuji coba lebih dulu. Adapun penggunaan basis data konsumen dalam program itu yaitu DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) milik  Kemensos (Kementerian Sosial).

Uji coba untuk pembelian LPG 3 kg menggunakan aplikasi MyPertamina ini sudah dilakukan sejak bulan Maret 2022. Uji coba tersebut hingga saat ini sudah memasuki tahap 6.

Adapun uji coba tersebut ilakukan di 5 kota/kabupaten dan 96 pangkalan dengan mencakup 18.307 keluarga. Uji coba ini rencananya akan dilakukan dari minggu ke-1 hingga minggu ke empat bulan Juli 2022.

Untuk pembelian LPG 3 kilogram dengan menggunakan aplikasi MyPertamina ini masyarakat perlu daftar terlebih dulu dengan mengisi identitas diri di website MyPertamina. Lewat pendaftaran tersebut, pengguna akan memperoleh code QR  untuk keperluan pembelian LPG subsidi maupum BBM.

Adapun pendaftaran tersebut dapat dilakukan melalui situs resmi Pertamina di subsiditepat.mypertamina.id. Langkah berikutnya yaitu menyiapkan dokumen seperti KTP dan sejumlah dokumen pendukung lainnya. Selain itu, siapkan juga alamat email untuk proses pendaftaran.

Jika semua syarat yang diperlukan telah dipenuhi, tahap selanjutnya yaitu melakukan konfirmasi dengan klik  ‘daftar sekarang’.

Jika Anda memperoleh notifikasi tentang ketidakcocokan atau kekurangan dokumen, Anda bisa kembali mencoba melakukan pengisian identitas diri sesuai dengan rekomendasi kekurangan yang diberitahukan.
Untuk kemudahan, Pertamina juga menyampaikan bahwa masyarakat yang telah mendaftar melalui situs myPertamina akan memperoleh code QR selain akses lewat aplikasi MyPertamina.

Code QR Code yang diperoleh ini bisa dicetak dan fisiknya dibawa ke setiap gerai. Code QR tersebut nantinya akan dicocokan dengan data yang ada di SPBU.

Pos terkait