Hadapi Arus Mudik, Angkutan Batu Bara Berhenti Total

Ilustrasi: Batu Bara
Ilustrasi: Batu Bara

JAMBI, Jambiseru.com – Menghadapi arus mudik lebaran, Gubernur Jambi, Al Haris menginstruksikan seluruh angkutan batu bara untuk berhenti total. Penghentian aktivitas angkutan batu bara ini mulai berlaku H-7 lebaran hingga H+7.

Dikatakan Gubernur Al Haris, selama arus mudik dan arus balik, jalan umum harus lancar dan tidak boleh ada angkutan batu bara. Jalan umum hanya boleh digunakan untuk angkutan barang dan angkutan orang.

“Yang pasti H-7 tidak ada angkutan apa-apa, kalau pun ada angkutan batubara itu tidak boleh. H-7 itu jalan clear semuanya, H+7 juga sama clear semua, selain angkutan barang dan orang, yang pulang ke kampung kembali inilah yang kita atur dengan baik,” kata Al Haris, Senin (10/04/2023).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Al Haris, kebijakan ini diberlakukan, guna memperlancar arus mudik dan arus balik lebaran. Karena diprediksi arus mudik tahun ini akan meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Tiga atau empat hari lagi semua angkutan batubara sudah tidak boleh lagi. Jalur mudik harus lancar tidak ada angkutan tambang lagi,” terang Al Haris lagi.

Ditambahkan Al Haris, selama aktivitas angkutan batu bara disetop, dirinya akan mendorong balai jalan dan Dinas PUPR Provinsi Jambi untuk fokus melakukan perbaikan jalan. Karena di beberapa titik masih ada jalan yang rusak dan membutuhkan perbaikan.

“Perbaikan jalan kita dorong ketika tidak ada angkutan, kita minta balai jalan dan PU fokus lagi menimbun dan mengaspal jalan yang rusak,” pungkas Al Haris. (tra)

Pos terkait