Komet Super Besar Sedang Melesat Menuju Bumi, Diperkirakan Tiba 2031

Komet Super Besar Sedang Melesat
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Para ilmuwan luar angkasa tengah menyoroti keberadaan sebuah komet yang terus mendekat. Komet super besar itu diketahui sedang melesat menuju bumi. Dengan kecepatannya, diperkirakan akan tiba pada 2031.
Berdasarkan hasil penghitungan, komet tersebut diperkirakan telah berkelana selama 3,5 juta tahun, seperti yang diwartakan Live Science baru-baru ini.

Baca Juga : PSK Langganannya Lagi Berduaan, Pria Ini Mengamuk

Dikatakan super besar, lantaran Komet Bernardinelli-Bernstein (atau C/2014 UN271) memiliki diameternya sekitar 100 km sampai 200 km, atau 1000 kali lebih besar dari komet yang biasanya kita lihat. Ukurannya sangat besar, sehingga para astronom yang menemukannya pada Juni kemarin sempat mengira ia sebagai planet kerdil.

Bacaan Lainnya

Kini komet raksasa tersebut terpantau sedang bergerak melewati awan Oort, sebuah area di luar tata surya yang terdiri dari batuan es. Komet Bernardinelli-Bernstein, yang terlihat memiliki ekor, diperkirakan akan mencapai titik terdekatnya dengan Matahari sekitar 10 tahun lagi.

Kabar baiknya adalah batu raksasa ini tidak mengancam Bumi. Kini komet itu sedang melewati area Awan Oort, yang berjarak 29 astronomical unit (AU) atau 29 kali jarak Bumi dari Matahari.

Komet Bernardinelli-Bernstein akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi, yakni sekitar 10,97 AU dari Matahari atau di luar orbit Saturnus – sekitar tahun 2031.

Meski terlihat jauh, tetapi kali ini Komet Bernardinelli-Bernstein sebenarnya semakin dekat dengan Bumi. Para peneliti, yang membuat model lintasan komet raksasa ini, memperkirakan bahwa ketika Bernardinelli-Bernstein menghampiri tata surya kita 3,5 juta tahun silam ia melintas sekitar 18 AU dari Matahari.

Kabar baik lainnya, mereka yang akan menyaksikan komet ini pada sekitar 2031 – tentu saja menggunakan teleskop – akan menjadi manusia pertama yang pernah menyaksikan batu langit raksasa ini. Alasannya karena 3,5 juta tahun silam belum ada manusia di muka Bumi.

Pos terkait