Hadiri Launching Buku Adat Perkawinan Uhang Batin 19, Muhammad Zen: Al Haris Sangat Peduli Adat Budaya

Calon gubernur Jambi, Al Haris saat menghadiri Hadiri Launching Buku Adat Perkawinan Uhang Batin 19. Foto: Jambiseru.com
Calon gubernur Jambi, Al Haris saat menghadiri Hadiri Launching Buku Adat Perkawinan Uhang Batin 19.Foto: Jambiseru.com

Hadiri Launching Buku Adat Perkawinan Uhang Batin 19, Muhammad Zen: Al Haris Sangat Peduli Adat Budaya

Jambiseru.com – Al Haris calon gubernur Jambi nomor urut 3 adalah sosok pemimpin yang peduli dengan adat. Ini juga tercantum dalam visi-misi beliau bahwa adat istiadat harus diperhatikan dan dilestarikan.

Baca Juga : Tersangka Pengrusak Alkes RSUD STS Minta Maaf Melalui Kuasa Hukumnya

Bacaan Lainnya

Hal ini diungkapkan juga oleh Muhammad Zen, penulis dan juga tokoh Tabir. Ia mengatakan, bahwa Al Haris sangat konsisten terhadap adat dan adat adalah norma-norma yang mengatur semua aspek kehidupan masyarakat.

“Beliau juga meminta pandangan, masukan dan ajun arah Lembaga Adat Melayu (Provinsi) Jambi untuk membangun Jambi ke depan. Itu artinya beliau menjunjung tinggi adat. Jadi tidaklah berlebihan masyarakat Tabir Raya memberikan gelar Datuk Sutonegoro Kayo pada Beliau (Al Haris),” kata Muhammad Zen saat launching bukunya adat perkawinan uhang batin 19 dan dihadiri langsung Al Haris di Rantau Panjang, Senin (02/11).

“Karena beliau kami yakini adalah sosok yang peduli dengan adat dan budaya. Gelar adat Datuk Sutonegoro itu adalah gelar yang tertinggi pada masyarakat 60 segalo batin,” kata Muhammad Zen,

Gelar adat Datuk Sutonegoro Kayo diberikan kepada Al Haris pada tahun 2018 lalu oleh masyarakat Tabir Raya. Karen beliau dinilai sebagai orang yang sangat menjunjung tinggi adat.

Pada launching buka adat perkawinan uhang batin 19 di kediaman Muhammad Zen di Rantau Panjang, Tabir, selain di hadiri Al Haris juga hadir sejumlah tokoh masyarakat setempat.

“Yang hadir tokoh adat, ninek mamak Uhang Batin 19/Uhang Batin Rantau Panjang Tabir, tokoh-tokoh msyarakat dan pemuda/pemudi,” terangnya.

Baca Juga : 10 Tempat Usaha di Batanghari Dapat Teguran Tak Terapkan Prokes

Karena kepedulian Al Haris dengan adat budaya, Muhammad Zen yang Pilbup Merangin 2018 lalu berlawanan politik dengan Al Haris, saat ini sudah mantap mendukung Paslon nomor urut 3 tersebut.

“Yo mantap, kami selalu mendoakan semoga beliau sehat, mudah-mudahan cita-cita beliau untuk menjadi pimpinan Jambi akan terwujud,” sebutnya. (*)

Pos terkait