Kawasan Pesisir Indonesia Diminta Waspada Bajir Rob Tinggi: Efek Bulan Purnama Penuh

Banjir Rob
Banjir Rob yang terjadi di Jakarta Utara. (ist)

Jambi Seru – Masyarakat yang berada di kawasan pesisir Indonesia diminta untuk waspada banjir rob tinggi. Pasalnya, karena efek bulan purnama penuh, permukaan air laut akan naik.

Banjir rob tersebu terjadi di banyak wilayah. Baik itu pesisir timur Sumatera, pesisir barat Sumatera, pesisir utara pulau Jawa dan beberapa daerah lain.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), banjir rob tinggi ini akan terjadi pada Jumat (6/1/2023) atau seiring dengan pulan purnama penuh (full moon).

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan Indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Waspada Banjir Rob saat Bulan Purnama, BMKG Rilis Lokasi Pesisir yang Alami Kenaikan Air Laut, hal itu disampaikan oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo kepada awak media Senin, 2 Januari 2022.

“Adanya fenomena full moon pada 6 Januari 2023, berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” ujar Eko.

BMKG dalam keterangan sebelumnya juga telah memprediksi adanya banjir rob di pesisir utara Jakarta pada 3 hingga 10 Januari 2023.

Masyarakat diminta waspada dan selalu siaga untuk menghadapi banjir rob, dan mengantisipasi dampak buruk dari naiknya air laut tersebut.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa fenomena bulan baru akan terjadi pada 23 Desember 2022, dan jarak terdekat bulan ke bumi pada 24 Desember 2022. Hal itu memicu kenaikan air laut.

Banjir rob hambat aktivitas warga

Tak dipungkiri seiring terjadinya banjir rob saat bulan purnama, aktivitas masyarakat yang tinggal di pesisir pantai akan sangat terdampak.

Namun selain warga yang terdampak, aktivitas bisnis yang dilakukan di perairan juga terkena imbasnya. Adapun yang terkena imbas antara lain aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas tambak garam, hingga aktivitas perikanan darat.

Pos terkait