Rapid Test Warga Sungai Penuh Positif COVID-19, Ketua Dewan : Jangan Panik

Foto: Oga/Jambiseru.com
Foto: Oga/Jambiseru.com

Rapid Test Warga Sungai Penuh Positif COVID-19, Ketua Dewan : Jangan Panik

Jambi – Satu Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kota Sungaipenuh yang dinyatakan positif hasil uji cepat (rapid test) Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), dan dibawa ke RSUD MH A Thalib Kerinci, Jumat 10 April 2020 malam, membuat warga resah.

Informasi didapat, warga tersebut dijemput petugas medis Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh dengan memakai alat pelindung diri (APD) lengkap di kediamannya.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sungaipenuh, Zulfikri, menegaskan bahwa warga itu sudah dilakukan rapid test dan hasilnya positif.

“Sekarang di Puskesmas Sungaipenuh. Tim sedang siap-siap menjemput salah seorang warga untuk dirujuk ke RSU,” jelasnya, semalam.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Sungaipenuh, Fajran, mengimbau masyarakat untuk tidak panik terkait keluarnya hasil tes cepat salah seorang warga setempat yang dinyatakan positif tersebut.

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan tak panik. Ini baru hasil rapid test, proses tes corona belum selesai sepenuhnya. Untuk menentukan apakah seseorang positif COVID-19 harus dilakukan tes swab (uji labor) di Jakarta,” kata Ketua DPRD Kota Sungaipenuh, Fajran.

“Kita tahu juga ada contoh kasus di Jakarta beberapa waktu lalu ada seorang yang hasil rapid test dinyatakan positif, akan tetapi setelah dilakukan uji labor terhadap sample swab dinyatakan negatif. Jadi kita tunggu saja hasil uji swab yang bersangkutan, sama-sama kita doakan semoga beliau yang bersangkutan sehat-sehat saja,” sambungnya.

Ia menjelaskan tes cepat adalah metode penyaringan awal dengan sampel darah untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona. Antibodi itu akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona.

“Orang yang hasil tes cepat positif perlu melakukan pemeriksaan swab melalui lendir hidung atau tenggorok yang bisa mendeteksi langsung keberadaan virus corona. Kemudian yang bisa menyatakan itu positif juru bicara tim gugus provinsi,” ungkapnya. (oga)

Baca Juga : Pasien Positif Terbaru Pernah Kontak dengan Pasien 01 COVID-19 Jambi

Baca Juga : Hati-hati, Pasien Positif Corona di Jambi Bertambah Dua Orang

Pos terkait