Dinkes Batanghari Akan Laksanakan BIAN Mulai Juni Mendatang

Kepala Dinas Kesehatan Batanghari dr. Elfie Yennie
Kepala Dinas Kesehatan Batanghari, dr. Elfie Yennie.Foto: Rizki/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari bersama UNICEF melaksanakan pertemuan koordinasi lintas sektor untuk pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 yang telah louching oleh Gubernur Jambi pada 18 mei.

Kapala Dinas Kesehatan, dr. Elfi Yennie mengatakan, bahwa imunisasi ini banyak sekali manfaat untuk anak, dan ini adalah hak anak yang wajib kita berikan. Situasi pandemi selama 2 tahun ini berdampak cukup drastis terhadap penurunan cakupan imunisasi anak. BIAN ini momentum yang sangat baik untuk Kembali meransang agar anak – anak bisa Kembali mendapatkan haknya.

“Makanya stakeholder terkait pelaksanaan BIAN ini agar segera kita sepakati dan mencapai target dengan baik. Mengingat sekolah-sekolah mau ujian dan libur jadi betul-betul harus ada kesepakatan bersama ,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, dr. Elfie Yenni, Jum’at (27/05/2022).

Disebutkan Elfie, untuk targetnya akan dimulai 1 juni sampai dengan 30 juni ini, dengan sasaran target sebanyak 58.236 anak usia 9 bulan s/d dibawah 12 tahun.

“Kita berterima kasih kepada UNICEF yang ikut bersama kita dalam pelaksanaan imunisasi ini, semoga dengan kerja bersama ini target kita bisa tercapai, sesuai jadwal yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan bahwa ujian anak tanggal 9 -15 juni, maka kita bisa gerakkan mulai 1 juni sampai tanggal 8, kemudian habis ujian lanjut lagi di sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Yulizar kasma Konsultan Unicef Provinsi Jambi mengatakan bahwa, imunisasi ini harus Gerakan kolektif, tidak hanya dibebankan dipunggung tenaga kesehatan. UNICEF berkomitmen untuk ikut melindungi anak-anak dari potensi penyakit PD3I melalui imunisasi ini sesuai dengan apa yang disampaikan Gubernur jambi, target sekitar 710 ribuan harus dicapai dengan bergandengan tangan.

“Sampai hari ini Provinsi jambi masih urutan provinsi ke 21 dengan cakupan 2 %, Kota jambi, Tanjung Jabung dan tebo yang sudah mulai melaksanakan imuninasi BIAN ini, insya Allah saya yakin dengan hadirnya rapat ini dalam waktu 10 hari kita bisa mengejar pelaksanaan BIAN di Kabupaten Batanghari ini,” ungkap Yulizar

Selain itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari Nurjali menjelaskan, Surat edaran Sekda Batanghari Sudah dibagikan ke peserta, sehingga peran masing–masing bisa dilihat dan segera dieksekusi dengan baik sehingga capaian target BIAN ini, terlaksana dengan baik.

“Kita belajar dari Covid 19 peran Dinas Pendidikan, kemenag, Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa yang mewadahi desa – desa, TNI/Polri, TP PKK, MUI, camat dan semua sektor ini all out selama sebulan ini untuk BIAN, kita bsisa berhasil insya Allah,” kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, Nurjali. (riz)

Pos terkait