24 Tahanan Lapas Bulian Kabur, Kapolda Jambi Turun Tangan

  • Whatsapp
daftar-tahanan-bulian-kabur
Daftar tahanan lapas bulian yang kabur

Jambiseru.com – 24 tahanan narkoba Lapas Muara Bulian, kabur. Kapolda Jambi Irjen A Rahmad langsung turun tangan ke lokasi, Senin (15/11/2021).

“Saat ini petugas kita melakukan penjagaan, dan kita sudah meninjau, ruang tahanan memang agak jauh ke dalam,” ujarnya kepada media.

Baca Juga : IW Dilumpuhkan Polda Jambi: Tahanan yang Kabur dari Lapas Bulian

Dijelaskan, lapas yang bobol itu diperuntukkan bagi perempuan dan anak. Namun karena Gedung Polres Batanghari masih dalam proses renovasi, maka tahanan narkoba dititipkan di LPKA Muara Bulian.

“Diduga ada kelalaian personel, dan sekarang sedang diperiksa oleh Divisi Propam Polda Jambi,” tutupnya.

Tetapi, akibat kelalaian itu, 24 narapidana di Lapas Anak Muara Bulian, Kabupaten Batanghari kabur. Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi Jahari Sitepu mengatakan, ia tak tahu bagaimana kronologisnya napi tersebut kabur.

Baca juga : BNNP Jambi Nyatakan Akan Tindak Tegas Tahanan yang Kabur

“Informasinya dari belakang, saya kurang tahu. Tapi satu orang sudah menyerahkan diri,” kata dia, Senin (15/11/2021).

Terkait kaburnya narapidana tersebut, tidak ada kaitannya dengan petugas lapas. Kata dia, saat ini lapas dijaga ketat oleh polisi. Pasalnya semua narapidana yang kabur tersebut merupakan tahanan polisi.

“Dari depan sampai belakang biasanya di jaga polisi di lapas anak, bukan petugas kita dari kanwil. Kalau informasinya malam itu tidak ada yang jaga,” tambahnya.

Jahari menambahkan, tahanan polisi yang dititipkan di lapas itu karena di Polres Batanghari sedang ada pembangunan atau rehap. Sehingga napi dititipkan ke lapas anak.

“Saya ingat betul saat penyerahan kemarin, dengan saya langsung,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Batanghari, AKBP Heru Ekwanto membenarkan hal tersebut.

“Benar, namun kami mohon waktu dulu untuk mencari,” ujarnya.

Baca juga : Kabur dari Sel, Napi Asal Kerinci Ditangkap di Batanghari

Tak lama berselang, satu dari 24 tahanan yang melarikan diri dari LPKA Muara Bulian menyerahkan diri. Itu juga dibenarkan Kapolres Batanghari, AKBP Heru Ekwanto, Senin (15/11/2021).

Kepada media, pria berpangkat melati dua ini tak banyak berkomentar. Ia hanya menyebutkan saat ini petugas kepolisian tengah melakukan pencarian terhadap puluhan tahanan lainnya.

“Saat ini personel sudah menyebar untuk melakukan pencarian,” ujarnya.

Terkait siapa petugas yang berjaga pada malam itu, Heru enggan enggan berkomentar.

Pos terkait