PSSI Pepet Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Peluang Tuan Rumah Piala Dunia Bareng?

federasi sepak bola arab saudi
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bertemu Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad Bin Salman. (Foto: Instagram/Erickthohir)

RIYADH, Jambiseru.com – Presiden RI Joko Widodo meminta PSSI melihat peluang kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF). Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir usai bertemu Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad Bin Salman.

Erick Thohir mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan bilateral ke Arab Saudi. Dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Al-Yamamah, Riyadh, Kamis (19/10/2023), terdapat tiga hal yang dibahas pada pertemuan tersebut.

Walau demikian, tidak ada isu sepak bola yang dibahas pada pertemuan tersebut. Namun menurut Erick, Presiden Jokowi meminta PSSI untuk menjajaki peluang kerja sama dengan Arab Saudi di bidang sepak bola.

Bacaan Lainnya

Bukan rahasia lagi bahwa Arab Saudi merupakan salah satu raksasa Asia langganan Piala Dunia. Selain itu, PSSI dan SAFF membuka peluang kerja sama di beberapa hal lainnya.

“Saya sebagai Ketua Umum PSSI juga diminta oleh Bapak Presiden untuk meningkatkan berbagai peluang kerja sama di bidang sepak bola antara Indonesia dan Arab Saudi,” tulis Erick pada Instagram pribadinya, @erickthohir, Jumat (20/10/2023).

Sebelumnya, PSSI telah menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan Jepang (JFA). Kans PSSI untuk bekerja sama dengan Arab Saudi pun cukup lebar.

Dalam beberapa kesempatan, Erick sempat mengatakan bahwa Arab Saudi merupakan negara sahabat Indonesia. PSSI juga telah menyatakan dukungan kepada Arab Saudi yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

“Indonesia mendukung Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Di sisi lain Indonesia terus mempersiapkan diri untuk bidding Piala Dunia berikutnya untuk zona Asia setelah 2034 dan kompetisi FIFA lainnya,” kata Erick beberapa waktu lalu.

Sepak bola Arab Saudi memang tengah mencuri perhatian. Bintang-bintang top Eropa, termasuk Cristiano Ronaldo, berbondong-bondong menyerbu klub Liga Arab Saudi.

Pada Piala Dunia 2022 lalu, Timnas Arab Saudi sempat membuat kejutan dengan menjungkalkan Argentina di babak penyisihan grup. Arab Saudi menjadi satu-satunya tim yang berhasil mengalahkan sang juara dunia sejak Juli 2019 silam. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait