Spanyol Bantai Kroasia, La Furia Roja Pimpin Klasemen Grup B

spanyol bantai kroasia
Striker Alvaro Morata mencetak gol perdana Spanyol vs Kroasia pada matchday pertama Grup B Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Sabtu (15/6/2024) malam WIB. (Foto: REUTERS)

BERLIN, Jambiseru.com – Timnas Spanyol pesta gol 3-0 melawan Kroasia pada matchday pertama Grup B Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (16/6/2024) dini hari WIB.

Spanyol tampil menguasai permainan sejak awal. Fabian Ruiz dan Pedri bergantian menjadi motor serangan utama bagi La Furia Roja.

Meski begitu, pertahanan Timnas Kroasia masih terlampau tebal untuk ditembus. Josko Gvardiol dan kolega bermain tenang di barisan pertahanan Vatreni. Namun, mereka juga sulit untuk mengembangkan permainan.

Bacaan Lainnya

Spanyol yang mendominasi akhirnya berhasil mencuri keunggulan lewat Alvaro Morata pada menit ke-29 usai memanfaatkan umpan manis Fabian Ruiz.

Selepas gol itu, La Furia Roja bermain semakin percaya diri untuk menekan pertahanan Kroasia. Tak lama berselang, Fabian Ruiz mengacak-acak pertahanan lawan sebelum tendangannya kembali mengoyak gawang Kroasia pada menit ke-32.

Timnas Kroasia kini berupaya keras untuk mengejar ketertinggalan. Luka Modric berkali-kali melepaskan umpan lambung untuk membuka celah pertahanan La Furia Roja.

Sayang, upaya tersebut tidak membuahkan hasil untuk pasukan Zlatko Dalic. Timnas Spanyol justru mampu menambah keunggulan lewat Dani Carvajal (45+2’). Sementara Spanyol mampu mengungguli Kroasia 3-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, Timnas Kroasia berusaha tampil lebih agresif. Vatreni berupaya keras membongkar pertahanan Spanyol. Mereka mengandalkan umpan terobosan untuk mencari celah.

Namun, pertahanan Timnas Spanyol masih belum bisa ditembus. Berkali-kali serangan Kroasia digagalkan sebelum mendekati gawang Unai Simon.

Pada menit ke-78, Timnas Kroasia mendapatkan penalti setelah Bruno Petkovic dilanggar Rodri. Sayang, Petkovic yang menjadi algojo tak mampu menuntaskan tugasnya dengan baik. Unai Simon berhasil memblok tendangannya.

Namun, bola pantulan hasil tepisan Unai Simon berhasil dibelokkan Ivan Perisik kepada Petkovic yang meneruskannya untuk menjebol gawang Spanyol. Akan tetapi, wasit Michael Oliver yang mendapat arahan dari Video Assistant Referee (VAR) menganulir gol tersebut karena dianggap offside.

Selepas momen itu, Vatreni terus menekan pertahanan La Furia Roja. Namun, serangan yang dibangun oleh Timnas Kroasia tidak efektif. Pada akhirnya, Timnas Spanyol mampu mengunci kemenangan dengan skor 3-0.

Kemenangan ini membawa Spanyol untuk sementara memuncaki klasemen Grup B dengan poin 3. Sementara Kroasia di posisi terbawah karena kebobolan tiga gol. Sementara dua tim lain yakni Italia dan Albania baru akan bertanding, Minggu (16/6/2024) pukul 02.00 WIB. (esa)

Sumber : iNews.com

Pos terkait