Qatar vs Yordania di Final Piala Asia 2023

qatar
Selebrasi para pemain Qatar setelah memastikan diri lolos ke perempat final Piala Asia 2023 usai mengalahkan Palestina 2-1 di Al Bayt Stadium pada Senin (29/1/2024). Foto : ANTARA/HO-AFC

DOHA, Jambiseru.com – Timnas Qatar lolos ke final Piala Asia 2023. Qatar menang kontra Iran 3-2 di laga semifinal.

Pertandingan itu berlangsung di Stadion Al-Thumama, Doha, Qatar pada Rabu (7/2/2024) malam WIB. Tiga gol untuk Timnas Qatar dicatatkan oleh Jassem Gaber (17’), Akram Afif (43’), dan Almoez Ali (82’). Sementara, Iran membalaskan via dua gol Sardar Azmoun (4’), dan Alireza Jahanbakhsh (51’ (P)).

Timnas Iran langsung tampil menggebrak sejak awal pertandingan di babak pertama. Empat menit laga berjalan, Team Melli -julukan Timnas Iran- sukses mencetak gol lewat tendangan salto Sardar Azmoun (4’).

Bacaan Lainnya

Setelah gol itu, The Maroons -julukan Timnas Qatar- langsung bereaksi dengan bermain ofensif. Serangan masif Timnas Qatar membuat Iran sedikit kewalahan. Mereka harus jatuh bangun menghalau serangan tim tuan rumah.

Namun, pertahanan Iran akhirnya berhasil dihancurkan. Timnas Qatar berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan Jassem Gaber Abdulsallam (17’). Gelandang Al-Arabi SC itu sukses melepaskan tembakkan keras yang menimbulkan deflect dan mengelabui Alireza Beiranvand.

Gol tersebut membuat kepercayaan diri The Maroons meningkat. Juara bertahan Piala Asia itu kemudian kembali menekan pertahanan Team Melli. Hasilnya manis, Akram Afif (43’) berhasil mencetak gol kedua untuk Timnas Qatar melalui pergerakan ciamiknya.

Pada akhirnya, babak pertama selesai untuk keunggulan Timnas Qatar atas Iran 2-1. Memasuki babak kedua, Timnas Iran bermain cepat sejak awal pertandingan. Serangan Team Melli dimotori oleh Mehdi Taremi.

Pada menit ke-51, Timnas Iran mendapatkan kesempatan penalti setelah pemain Qatar kedapatan handball di kotak terlarang. Alireza Jahanbakhsh (51’ (P)) yang menjadi eksekutor berhasil menuntaskan tugas dengan baik, kedudukan sementara menjadi 2-2.

Timnas Iran kemudian bermain dominan sejak gol penyama kedudukan itu. Pasukan Amir Ghalenoei menyerang dari berbagai sisi. Namun demikian, solidnya pertahanan The Maroons membuat Iran garuk-garuk kepala.

Sementara, Timnas Qatar mengandalkan serangan balik cepat untuk melawan. Situasi ini terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-75. Timnas Iran terpantau sangat nyaman menguasai jalannya pertandingan.

Namun, pada menit ke-82, Timnas Qatar berhasil mencetak gol ketiga dalam pertandingan tersebut. Serangan balik cepat yang dibangun berujung gol lewat tendangan jarak dekat Almoez Ali (82’), Qatar unggul 3-2.

Pada menit-menit akhir babak kedua, Timnas Qatar bermain lebih berani setelah tertekan sepanjang babak kedua. Kedua tim saling serang, namun tidak ada gol tambahan tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga selesai.

Kemenangan ini membuat Qatar dipastikan melenggang ke final Piala Asia 2023. Untuk selanjutnya, Timnas Qatar akan berhadapan dengan Yordania pada laga pamungkas yang digelar di Stadion Lusail, Doha, Qatar pada Sabtu (10/2/2024) mendatang. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait