Soal Bintang di Timnas U-17, Bima Sakti: Semua Pemain Penting!

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.
Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. (Ist)

JAKARTA, Jambiseru.com – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17, Bima Sakti, menegaskan tak ada status pemain bintang di dalam skuadnya. Bima Sakti menilai semua pemian yang masuk skuad Garuda Asia adalah pemain penting.

Timnas Indonesia U-17 terus berbenah menjelang gelaran Piala Dunia U-17 2023. Kedalaman skuad Garuda Asia diketahui telah mulai mengerucut selepas pulang dari pemusatan latihan (TC) di Jerman yang kurang lebih memakan waktu enam pekan.

Terdapat tiga pemain keturunan yang tergabung dalam Timnas Indonesia U-17. Mereka adalah Welber Jardim, Amar Rayhan Brkic, dan Ji Da-Bin. Selain itu juga terdapat nama-nama beken lainnya seperti Iqbal Gwijangge, Arkhan Kaka, dan Sulthan Zaky.

Bacaan Lainnya

Namun, Bima Sakti tidak ingin memilih siapa sosok pemain penting di dalam skuad Timnas Indonesia U-17. Pelatih asal Balikpapan itu menyebut semua pemain yang tergabung dalam skuad Garuda Asia adalah pemain penting.

“Saya tidak bisa memilih individu, karena setiap pemain penting. Saya sudah sampaikan kepada mereka, ‘Tidak peduli berapa menit Anda bermain, itu sangat penting,” kata Bima Sakti, dikutip dari situs resmi FIFA, Rabu (1/11/2023).

“Jadi, jangan berpikir jika Anda tidak masuk starting line-up, Anda tidak penting’. Saya sudah sampaikan kepada mereka, ‘Tidak peduli berapa menit Anda bermain, itu sangat penting. Jadi, jangan berpikir jika Anda tidak masuk starting line-up, Anda tidak penting’,” ujarnya.

Bima Sakti menjelaskan bahwa kekuatan Timnas Indonesia U-17 adalah kesatuan dalam sebuah tim. Dia bahkan tidak menjadikan Arkhan Kaka atau Sulthan Zaky yang sudah bermain di tim utama pada klubnya masing-masing sebagai anak emas.

“Kekuatan kita terletak pada persatuan kita, sehingga tidak ada pemain bintang, walaupun ada pemain yang bermain di kompetisi papan atas Indonesia, seperti Arkhan Kaka, dan Sulthan Zaky. Tapi tolak ukur kami adalah tim bekerja sama, menyerang dan bertahan bersama,” imbuh Bima Sakti.

Piala Dunia U-17 akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Terdapat empat venue dari empat kota yakni Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Timnas Indonesia U-17 tergabung dalam Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Skuad Garuda Asia akan memulai perjuangannya dengan menghadapi Ekuador pada matchday perdana yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023). (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait