Renren Tiongkok China : Alternatif Medsos

Renren
Renren. (Ist)

JAMBISERU – Renren adalah jaringan sosial asal Tiongkok / China yang diluncurkan pada tahun 2005. Layanan ini awalnya bernama Xiaonei, namun kemudian diganti namanya menjadi Renren pada tahun 2009.

Renren memungkinkan pengguna untuk membuat profil, berteman dengan pengguna lain, mengirim pesan, dan membagikan konten seperti foto, video, dan artikel. Renren juga memiliki fitur yang mirip dengan Facebook seperti status update dan group chat.

Renren awalnya populer di kalangan mahasiswa dan muda-mudi di China, namun dengan munculnya jaringan sosial lain seperti WeChat dan Weibo, penggunaan Renren mulai menurun. Saat ini, Renren masih digunakan oleh sejumlah pengguna di China, namun aktivitasnya jauh lebih rendah dibandingkan dengan jaringan sosial lainnya.

Bacaan Lainnya

Menurut sumber-sumber online, pada puncaknya di tahun 2011, Renren memiliki lebih dari 160 juta pengguna aktif. Saat itu, Renren menjadi salah satu jaringan sosial terbesar di China dan banyak digunakan oleh mahasiswa dan muda-mudi.

Namun, sejak saat itu, populasi pengguna aktif Renren terus menurun dan telah digantikan oleh jaringan sosial lain seperti WeChat dan Weibo. Saat ini, Renren masih digunakan oleh sejumlah pengguna di China, namun aktivitasnya jauh lebih rendah dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Pos terkait