7 Tips Cara Rawat Sepatu Agar Tidak Berjamur atau Bau dan Cepat Rusak

Ilustrasi: tips cara rawat sepatu
Ilustrasi: tips cara rawat sepatu

Jambiseru.com – Berikut adalah 7 tips cara rawat sepatu Anda agar tidak berjamur atau bau dan cepat rusak. Simak artikel Jambi Seru berikut ini (Update data 11 Desember 2021).

Sepatu pria yang keren dan seru di shopee
Sepatu pria yang keren dan seru di shopee

Sepatu merupakan benda yang dimiliki oleh hampir setiap orang. Tidak hanya satu pasang per orang, ada yang mempunyai dua pasang, tiga pasang atau bahkan ada yang memiliki puluhan pasang sepatu dirumahnya. Itu adalah hal yang biasa.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
7 Atlet Sepatu Roda Klub Gyros Jambi Ikuti Jirta Nasional

Bacaan Lainnya

Apalagi jika perempuan. Memang, kebanyakan perempuan akan sangat memperhatikan benda-benda yang mempengaruhi penampilannya. Salah satunya adalah sepatu.

Selain untuk kebutuhan fashion, sepatu memiliki fungsi utama yaitu melindungi kaki. Entah dari panasnya sinar matahari, atau dari benda-benda berbahaya yang bisa saja melukai ketika sedang berjalan dan berlari.

Apalagi jika bekerja atau melakukan aktivitas tertentu yang berat, tentu membutuhkan sepatu yang cocok untuk melindungi kaki dari kemungkinan yang bisa saja terjadi. Dan ini berbeda-beda sesuai kondisi. Contohnya sepatu safety untuk teknisi listrik akan berbeda dengan sepatu safety untuk naik gunung, dll.

Setelah memiliki sepatu yang kita inginkan tentunya kita juga harus merawatnya agar tidak berjamur, bau dan cepat rusak. Namun sebelum itu, akan ada ulasan sedikit tentang jenis-jenis bahan untuk membuat sepatu dan kegunaannya. Apa sajakah itu? Mari simak dalam ulasan berikut ini :

1. Bahan kanvas

Karakteristik dari bahan ini adalah berserat dan ringan. Selain itu, bahan kanvas juga mudah menyerap. Sifatnya yang mudah menyerap serta berserat inilah yang membuat kebanyakan pengrajin sepatu menggunakan bahan kanvas untuk membuat sepatu lukis karena mudah ketika menggambar nya. Selain sepatu lukis, jenis sepatu yang banyak menggunakan bahan ini adalah sepatu sekolah. Sepatu dengan bahan kanvas ini biasanya menggunakan dua warna saja yaitu hitam dan putih. Salah satu contoh brand sepatu yang sering dijumpai menggunakan bahan ini adalah sepatu converse. .

2. Bahan Kulit Sintetis

Bahan kulit sintetis adalah bahan yang banyak digunakan oleh pengrajin sepatu ataupun pabrik. Alasannya karena harga yang terjangkau dengan kualitas yang cukup bagus. Ciri dari bahan ini adalah tampak mengkilat jika dilihat. Bahan ini sering dijumpai pada sepatu anak-anak, sepatu kasual serta formal. Bahan sepatu ini terbuat dari bahan-bahan kimia yang diolah oleh pabrik.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Seru, Lirik Lagu Sepatu – Tulus

3. Bahan Denim

Bahan ini juga sering digunakan pada pembuatan sepatu. Hampir sama dengan kanvas, hanya saja tekstur nya tidak terlalu kasar. Bahan sepatu ini adalah bahan sepatu yang kuat dan tahan lama sehingga banyak digunakan pada pembuatan sepatu sneakers. Bahan ini memiliki warna biru, abu-abu dan hitam.

4. Bahan Karet

Bahan yang satu ini adalah bahan yang paling banyak dicari. Bahan yang terbuat dari getah pohon karet ini banyak diminati karena awetnya. Selain awet, sepatu dengan bahan ini juga terkenal kuat dan tahan air. Bahan ini biasanya digunakan pada pembuatan sepatu pria maupun wanita, seperti jenis vantovel dan sepatu kasual.

5. Bahan Kulit Asli

Seperti namanya, bahan sepatu ini terbuat dari kulit asli. Kulit yang digunakan adalah kulit sapi, kambing dan kulit domba. Jika dibandingkan dengan kulit sintetis, bahan kulit asli ini teksturnya lebih kasar. Namun dalam hal kualitas, kulit asli ini jauh lebih bagus daripada kulit sintetis.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Demi Bisa Nendang Bola, Alharis Bela-bela Turun Mobil Langsung Ganti Sepatu

Sepatu yang dihasilkan dari jenis kulit asli akan sangat awet dan tahan lama asalkan tau cara perawatan nya. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepatu dengan jenis ini.

Setelah mengetahui jenis-jenis bahan sepatu, kita harus tau bagaimana cara merawat sepatu agar tidak cepat mengelupas, jamuran dan bau sehingga sepatu bisa awet dan tahan lama.

7 Tips Rawat Sepatu Supaya Tak Berjamur, Berbau dan Gampang Rusak

1. Simpan Sepatu dalam Keadaan Bersih

Setelah menggunakan sepatu biasanya kita akan langsung menyimpannya tanpa membersihkan terlebih dahulu. Ternyata hal tersebut tudak baik bagi keawetan sepatu kita. Sepatu yang disimpan dalam keadaan kotor akan lebih cepat rusak daripada disimpan dalam keadaan bersih.

Sebaiknya bersihkan sepatu terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Jika ada debu yang menempel pada sepatu, segera ambil kain dan bersihkan terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Begitu juga ketika sepatu dalam keadaan basah sebaiknya tunggu hingga kering, kemudian baru dimasukkan ke dalam kotak sepatu atau rak sepatu yang telah tersedia.

2. Jangan Tumpuk Sepatu Secara Langsung

Mempunyai sepatu yang banyak tentu membutuhkan tempat yang cukup dan memadai. Jika tidak, hal yang sering dijumpai adalah menumpuk sepatu dalam rak secara langsung tanpa pembatas. Padahal itu kurang tepat. Apalagi jika sepatu itu berbahan lembut maka hal itu akan membuat sepatu cepat rusak. Bila rak sepatu sudah tidak cukup lagi, sebaiknya gunakan kotak untuk menyimpan sepatu.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Kisah Haru, Ayah Menabung Koin Bertahun-tahun Demi Sepatu Baru untuk Anak

3. Simpan Sepatu Dalam Kotak

Cara lain agar sepatu tetap terawat adalah dengan menyimpannya dalam kotak. Dengan cara ini akan membuat kelembaban tetap terjaga sehingga sepatu tidak mudah berjamur. Jangan lupa masukkan silica gel di dalam kotak agar lebih aman. Tandailah kotak dengan tulisan atau bedakan warna kotak untuk memudahkan dalam pengambilan sepatu. Susunlah kotak sesuai dengan keinginan.

4. Isilah Sepatu Dengan Kertas

Jika akan menyimpan sepatu dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakan pengisi sepatu. Isilah sepatu dengan kertas atau plastik. Hal ini bertujuan untuk menjaga bentuk sepatu tetap baik meski lama tak digunakan. Selain itu, serangga juga tidak akan masuk kedalam sepatu jika sudah ada isinya. Jangan menggunakan kertas yang mengandung asam. Pengisian sepatu dengan ganjal khusus sepatu lebih dianjurkan.

5. Simpan Dalam Suhu Stabil

Suhu ruangan yang stabil ternyata berpengaruh terhadap sepatu. Sepatu tidak akan mudah lembab dan tidak akan beraroma kurang sedap jika disimpan pada suhu ruangan yang stabil. Hal lain yang harus dilakukan adalah menghindarkan sepatu dari sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari langsung akan membuat warna sepatu lebih cepat pudar. Meskipun sudah dimasukkan dalam kotak, tetap jauhkan sepatu dari sinar matahari langsung.

6. Jangan Bungkus Sepatu Dengan Plastik

Jika tujuanmu untuk menyimpan sepatu dalam jangka waktu yang lama maka sebaiknya jangan membungkus sepatu dengan plastik. Rapatnya plastik yang dibungkus akan membuat sepatu didalamnya menjadi lembab dan mudah berjamur. Namun jika digunakan untuk menyimpan sepatu dalam kurun waktu yang singkat, plastik masih bisa diandalkan.

7. Rutin Membersihkan Sepatu

Langkah paling penting dalam perawatan sepatu adalah membersihkannya secara rutin. Dengan melakukan pembersihan sepatu secara rutin, akan membuat sepatu menjadi lebih tahan lama dan awet. Bersihkan sepatu seminggu sekali atau dua kali. Tapi akan lebih baik jika pembersihan sepatu dilakukan setiap hari, yaitu saat setelah selesai menggunakan nya. Sehingga ketika akan dipakai sepatu sudah bersih dan siap untuk digunakan.

Nah, itulah 7 tips atau cara merawat sepatu agar tidak jamuran, bau dan cepat rusak. Mudah sekali bukan? Silakan dipraktekkan dan di coba. Semoga bermanfaat.

Referensi : things to do in tulsa with kids

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Bisa lihat di:

1. Facebook Jambi Seru

2. Instagram Jambi Seru

3. Twitter Jambi Seru

4. Google News Jambi Seru

JANGAN LUPA FOLLOW, LIKE DAN SHARE MEDSOS JAMBISERU.COM

Informasi dan ingin kegiatan Anda diliput, hubungi redaksi Jambi Seru HP/WA : 0852-6759-9009 (Whatsapp Klik di sini )

Pos terkait