Disindir Sandiaga Uno soal Papua, Moeldoko: Jangan Provokatif!

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (Suara.com/Ummi Hadya Saleh)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto : Istimewa

JAMBISERU.COM – Eks calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menilai pemerintah terlalu banyak mengekploitasi Papua tanpa menyelesaikan permasalahan utamanya.

BACA JUGAVideo Mesum Vina Garut, Polisi Lakukan Audit Forensik 

Sandiaga mengatakan permasalahan yang ada di Papua bukan sekadar infrastruktur, tapi juga kesenjangan ekonomi.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta Sandiaga tidak provokatif menyebut pemerintah mengeksploitasi Papua.

“Jangan provokatif gitu dong! Apa yang dieksploitasi? Jadi saya enggak sependapat. Kata-kata eksploitasi terlalu kasar,” ujar Moeldoko di Istana Negara, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Jumat (23/8/2019) malam.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyoroti peristiwa kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat belakangan ini.

“Kita bisa lihat bagaimana cara kita di Papua, dibanjiri infrastruktur, dibanjiri begitu banyak proyek investasi, tapi belum menyelesaikan permasalahan hakiki yaitu kemerdekaan ekonomi,” kata Sandiaga di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Dia pun memaparkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat angka kemiskinan di Papua bertambah 6 ribu orang dari 2014 sampai 2018

Padahal, kata Sandiaga, Papua kaya akan Sumber Daya Alam.

“Sebuah daerah yang sangat kaya terhadap sumber daya alamnya ternyata mengalami degradasi dari tingkat kemiskinan,” ucapnya.

Dia juga membandingkan jumlah penduduk miskin di Papua yang 8 kali lipat atau sekitar 28 persen jika dibandingkan dengan jumlah penduduk miskin di DKI Jakarta, yaitu sekitar 3,5 persen.

BACA JUGA : Bergaya di Jalanan New York, Foto Ririn Ekawati Ini Bikin Gagal…

“Lebih dari itu data BPS 2019 menunjukkan bahwa 2 provinsi di Papua dengan kemiskinan tertinggi di Indonesia, yaitu Papua hampir 28 persen, Papua Barat hampir 23 persen,” pungkas Sandiaga. (ndy)

Pos terkait