Nyaris Putus Akibat Longsor, Jalan Desa Danau Embat akan Dibangun Bronjong

0
jalan desa danau embat
Jalan Desa Danau Embat akan dibangun bronjong. Foto: Rizki/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Muarabulian – Kondisi Dua sisi ruas jalan dalam wilayah Desa Danau Embat, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari sangat mengkhawatirkan. Pasalnya ke Dua sisi jalan tersebut mengalami longsor yang mengakibatkan jalan penghubung desa itu nyaris putus.

BACA JUGA: Mulai Hari Ini, Seluruh Siswa di Muaro Jambi Diliburkan

Kepala pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batanghari, Nazhar mengatakan kondisi ini membuat jalan tersebut masuk dalam kategori tanggap darurat.

“Kita telah lakukan survei kemaren dan ada dasarnya yakni pengajuan dari Kepala Desa Danau Embat. Selanjutnya BPBD Batanghari mengadakan rapat bersama Dinas PUPR Batanghari,” kata Kalak BPBD Batanghari Nazhar, Rabu (11/9/2019).

Hasil rapat bersama Dinas PUPR Kabupaten Batanghari, kata Nazhar, ditetapkan kondisi longsor pada jalan ini sebagai tanggap darurat dan diajukan kepada Bupati Batanghari.

“Usulan tanggap darurat disetujui Bupati dengan penandatanganan SK,” katanya.

Selanjutnya BPBD Kabupaten Batanghari mengajukan proposal pembangunan bronjong dua sisi dengan estimasi dana Rp3,5 miliar. Namun nanti setelah hasil pekerjaan akan dihitung kembali estimasi dana pembangunan bronjong itu.

“Kondisi longsor jalan terjadi sejak Januari 2019 saat musim hujan. BPBD Batanghari bersama instansi terkait telah turun beberapa kali ke lapangan dan ditetapkan siaga darurat untuk bisa mengeluarkan dana tersebut di Bakeuda Batanghari,” ucapnya.

Nazhar bilang musibah longsor yang terjadi pada dua sisi jalan sangat rawan kecelakaan. Jika pembangunan bronjong hanya dilakukan pada satu sisi saja, maka longsor sisi sebelahnya akan semakin parah.

BACA JUGA: Bejat! Kakek Cabuli Cucu Setiap Pagi Selama 2 Tahun

“Jalan ini merupakan akses satu-satunya menghubungkan tiga desa, yaitu Danau Embat, Bulian Baru dan Tidar Kuranji. Dana tanggap darurat merupakan satu-satunya cara untuk pembangunan bronjong jalan ini,” pungkasnya.(riz)

Loading Facebook Comments ...