Selain Napi Korupsi, Terorisme dan Narkotika Dibebaskan di Jambi

  • Whatsapp
Para napi saat dibebaskan. Foto: Uda/Jambiseru.com
Para napi saat dibebaskan. Foto: Uda/Jambiseru.com

Selain Napi Korupsi, Terorisme dan Narkotika Dibebaskan di Jambi

Jambi – Sebanyak 39 warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (LP) Kelas II Jambi dibebaskan malam ini, Rabu (1/4/2020). Pembebasan warga binaan itu untuk mencegah penyebaran virus corona.

Bacaan Lainnya

Kepala Lapas Kelas II A Jambi, Yusran Saad mengatakan, pembebasan para warga binaan itu berdasarkan kebijakan langkah antisipasi penularan pandemi virus corona oleh pemerintah terkait.

“Pembebasan ini, sesuai dengan arahan Kementrian Hukum dan Ham RI, untuk mengeluarkan keputusan pembebasan narapidana dan anak, melalui asimilasi dan integrase,” kata Yusran, Rabu (1/4/2020) malam, kepada wartawan.

Baca Juga : Breaking News! Suspect Corona, 1 Warga Perumahan di Kota Jambi ini Dijemput Tim Medis RSUD

Yusran menyebutkan bahwa, puluhan warga binaan yang telah dibebaskan itu bukan merupakan narapidana kasus korupsi, terorisme dan narkotika.

“Mereka semua dari warga binaan kasus tindak pidana umum,” ujarnya.
Dijelaskan Yusran, Lapas Kelas II A Jambi ini nantinya akan membebaskan sebanyak 197 warga binaan.

“Untuk saat ini baru 39 warga binaan yang kita bebaskan. Kita akan bebaskan sebanyak 197 warga binaan dan itu dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Pembebasan narapidana tersebut sesuai dengan adanya Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor M.HH-19.PK.01.04.04. Tahun 2020, tentang pengeluaran narapidana dan anak melalui asimilasi.

“Jadi, narapidana yang dua pertiga dari masa pidananya jatuh sampai dengan tanggal 31 Desember 2020, dan narapidana dan anak yang tidak terkait dengan PP. Nomor 9o Tahun 2012, yang tidak menjalani subsider dan bulan warga negara asing,” tutup Yusran. (uda)

Pos terkait